Beranda Pemerintahan Canangkan Gerakan 10.000 Kolam Ikan

Canangkan Gerakan 10.000 Kolam Ikan

0
329
TINJAU LOKASI: Bupati Anas meninjau kolam di pekarangan rumah warga di Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, kemarin.
TINJAU LOKASI: Bupati Anas meninjau kolam di pekarangan rumah warga di Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, kemarin.

GENTENG – Dinas Perikanan dan Kelautan Banyuwangi mencanangkan program  gerakan membuat sepuluh ribu kolam di pekarangan rumah warga. Kemarin (8/5) gerakan sepuluh ribu kolam ikan tersebut dicanangkan Bupati Abdullah Azwar Anas di Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selain dihadiri warga sekitar, acara tersebut juga diikuti ratusan anggota kelompok penangkaran ikan dari beberapa kecamatan di Banyuwangi Selatan. Tak ketinggalan, jajaran forum pimpinan daerah (forpimda), para camat, dan kepala desa, juga hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Anas menyambut baik langkah Dinas Perikanan dan Kelautan yang menggagas gerakan 10.000 kolam. “Ini adalah gerakan yang sangat bagus. Sebab, dengan memanfaatkan lahan pekarangan, masyarakat bisa menambah penghasilan,” ujarnya.

Loading...

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pudjo Hartanto mengatakan, keinginan membuat gerakan 10 ribu kolam di pekarangan itu didasarkan atas belum optimalnya pemanfaatan potensi perairan umum di Banyuwangi untuk budi daya maupun penangkapan yang ramah lingkungan Padahal, menurut Pudjo, wilayah Kecamatan Kalibaru, Glenmore, Genteng, Sempu, Tegalsari, Bangorejo,
dan Songgon, memiliki potensi perairan umum terbesar yang layak diangkat. Mengenai kenapa harus kolam

pekarangan, menurut Pudjo karena potensi perikanan tangkap di laut semakin lama semakin berkurang. Bahkan, saat ini sudah ada upaya konservasi laut. “Karena itulah peningkatan produksi ikan harus didukung ikan air tawar,” tuturnya. Selain itu, program tersebut juga bertujuan memberdayakan masyarakat agar memiliki jiwa wira usaha skala kecil, dan meningkatkan pemanfaatan potensi lahan pekarangan untuk kegiatan ekonomi.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

error: Uppss.......!