Cantuk Wakili Banyuwangi di Ajang Desa Berseri Jatim

0
388

SINGOJURUH – Tim penilai evaluasi dan pembinaan BLH Provinsi Jawa Timur mengunjungi Desa Cantuk, Kecamatan Singojuruh, Jumat (14/6) lalu. Kedatangan tim penilai tersebut untuk mengecek kondisi desa tersebut. Sebab, Cantuk mewakili Banyuwangi di ajang Desa Berseri tingkat Jatim. Ketua tim penilai, Satrio Wiwiko mengungkapkan, sarana dan prasarana desa tersebut sudah bersih. Selain itu, lingkungan desa juga tergolong hijau dan lestari.

’’Bersih, rapi dan hijau,’’ ungkap Satrio sesaat setelah tiba di Kantor Desa Cantuk. Satrio mengungkapkan, ada beberapa kategori desa berseri. Antara lain desa perintis, pratama, madya, dan terakhir mandiri. ’’Jadi, untuk desa ini masih kita lakukan pengecekan. Nanti masuk kategori yang mana,’’ terangnya. Kepala Desa Cantuk, Masbudi, memberikan paparan mengenai profi l desa. Selain itu, potensi desa dan geliat warga setempat juga dipaparkan di depan tim penilai. ’

’Desa kita ini asri,’’ terangnya Kades  Teraktif dalam lomba Banyuwangi Green and Clean 2012 itu. Kades Masbudi juga menyampaikan paparan mengenai pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan lingkungan di segala sektor. ’’Saat ini kita juga berhasil memanfaatkan tanaman buah pepaya untuk kesehteraan masyarakat di atas tanah bengkok yang sebelumnya dikuasai warga luar desa,’’ paparnya. Dia menyebut, tanaman pepaya itu mulai ditanam tahun 2012 di atas lahan 4,5 hektare.

Sampai tahun ini, hasil buah yang dipanen cukup besar. ’’Kita sudah panen 100 ton. Dalam waktu dekat ini, buah pepaya akan kita bagikan rata kepada masyarakat,’’ janjinya. Pemdes Cantuk juga sukses membangun jembatan. Bahkan, biaya untuk pembangunan jembatan lebih besar dari kucuran dana dari Pemkab Banyuwangi. ’’Kita terima dari APBD senilai Rp 49,5 juta. Tapi, jembatan itu habis 100 juta. Jadi, 50 persen lebih dana berasal dari swadaya masyarakat,’’ kata Masbudi.

Pada tahun ini, jelas dia, pemdes sudah merancang akan membangun menara masjid dengan biaya cukup besar. Bahkan, angka pembangunan menara masjid yang berlokasi di Dusun Cantuk Lor itu mencapai Rp 1 miliar. Camat Singojuruh, Nanik Machrufi menyampaikan banyak terima kasih atas partisipasi masyarakat Desa Cantuk. Sebab, kekompakan masyarakat di segala bidang juga punya andil besar dalam menjaga lingkungan yang bersih dan asri. ’’Mari kita terus menjaga lingkungan agar penghargaan adipura tahun depan bisa diraih Banyuwangi,’’ harapnya. (radar)