Daftar Sekarang, Berangkat 2023

  • Bagikan

BANYUWANGI – Kuota haji untuk wilayah Banyuwangi nyaris penuh hingga 13 tahun ke depan. Itu artinya, warga yang mendaftarkan diri tahun ini kemungkinan besar baru akan berangkat ke Tanah Suci tahun 2024 mendatang. Seperti diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyuwangi, Hosnan.

Menurutnya, hingga saat ini daftar tunggu jamaah haji Banyuwangi mencapai 13 tahun Dijelaskan, kuota haji di Banyuwangi disesuaikan kuota haji Jawa Timur (Jatim). Nah, dari total kuota haji Jatim pada ta hun 2003, kursi yang tersisa ting gal sekitar 20 persen. Hosnan mengatakan, ku o ta haji Jatim setiap tahun men capai 34 ribu orang.

Dari jumlah tersebut, kuota yang belum terisi di tahun 2023 hanya sekitar 20 persen. “Sesuai daftar tunggu Jatim, daftar tunggu di Banyuwangi juga sampai tahun 2023,” ujarnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya kemarin (1/10).

Sementara itu, para calon jamaah haji (CJH) Banyuwangi tahun ini akan diberangkatkan dari Depan Kantor Pemkab menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, pada Selasa malam (16/10). Selanjutnya, mereka akan bertolak ke Tanah Sucipada Kamis (18/10).

Rombongan  CJH Banyuwangi tersebut tergabung dalam kloter (ke lompok terbang, Red) 73 dan 74. Hosnan menambahkan, jumlah awal CJH Banyuwangi 883 orang. Sayang, empat orang di antaranya gagal berangkat lantaran berbagai alasan, di antaranya meninggal dunia dan belum melunasi ongkos naik haji.

Jumlah CJH yang meninggal dunia 3 orang. Yang belum melunasi ongkos naik haji 1 orang. “Mutasi CJH masuk ke Banyuwangi sebanyak 2 orang, dan mutasi keluar Banyuwangi juga 2 orang. Jadi, InsyaAllah, jumlah CJH yang akan berangkat ke Tanah Suci se banyak 879 orang,” paparnya. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: