Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Finalis Dibekali Ilmu Perhotelan

finalisBANYUWANGI – Sepuluh pasang finalis Pemilihan Jebeng-Thulik Banyuwangi 2013 terus dibekali ilmu bidang kepariwisataan kemarin (14/9). Mereka memperoleh pembekalan materi dari praktisi perho telan dan pariwisata. Bukan seka dar pamer potensi wisata dan budaya Banyuwangi, pembekalan itu bertujuan agar para calon jebeng dan thulik mampu memperkenalkan potensi wisata dan budaya Banyuwangi kepada dunia.

Praktisi perhotelan dan pariwisata yang didaulat menjadi narasumber pada acara yang berlangsung di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tersebut adalah Bachtiar Djanan. Menurut dia, potensi wisata dan budaya Banyuwangi sangat besar. Nah, untuk mengoptimalkan potensi yang sangat besar tersebut tidak hanya membutuhkan peran pemerintah.

Masyarakat juga per lu memiliki greget yang sama gu na menjual potensi wisata yang di miliki Bumi Blambangan tersebut. “Se bagai duta wisata, jebeng dan thulik punya kewajiban lebih untuk mem promosikan potensi wisata dan budaya,” ujarnya Dikatakan, potensi pari wi sata yang sangat besar itu sebenarnya sudah di du kung banyaknya warga yang memiliki kepiawaian “men jual” pariwisata.

Warga yang memiliki kemampuan pemasaran secara online pun sudah ada. “Potensi tersebut perlu terus dirajut,” kata dia. Bachtiar mencontohkan, untuk menjual objek wisata, pemerintah bisa melihatkan masyarakat untuk mempromosikan. “Misalnya pemerintah memfasilitasi dengan cara membikin lomba promosi wi sata di jejaring sosial,” cetusnya.

Sementara itu, Ricard Firman, salah satu finalis asal Kecamatan Rogojampi menuturkan, dari pemaparan pemateri, dia menyadari Banyuwangi memiliki banyak potensi yang bisa dieksplorasi dan diperkenalkan kepada dunia. “Kita harus percaya diri, Banyuwangi memiliki potensi pariwisata dan budaya yang sa ngat besar,” pungkasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE