Fun Dulu Balapan Kemudian

  • Bagikan

lombaBesok Pagi Jalanan Pusat Kota Jadi Sirkuit

BANYUWANGI – Gebyar Banyuwangi City Tour and Race pada 2015 semakin dekat. Even balap sepeda santai dan sepeda sport itu akan dihelat Sabtu besok (18/4). Lokasi start di Taman Blambangan, Banyuwangi, pukul 06.00. Kategori city tour itu menjadi salah satu daya tarik masyarakat. Sebab, even bersepeda itu bisa diikuti semua orang.

Apalagi, salah satu peserta bakal punya kesempatan membawa pulang hadiah utama berupa mobil. Wajar jika akhirnya peserta membeludak hingga diprediksi mencapai sekitar sepuluh ribu peserta. Karena itu, pihak kepolisian akan menutup sejumlah jalur utama jalan di dalam kota selama pelaksanaan berlangsung. Kabagops Polres Banyuwangi Kompol Sujarwo mengatakan, terkait banyaknya ruas jalan yang perlu diawasi selama pelaksanaan, pihaknya sudah mempersiapkan personel gabungan.

Petugas gabungan TNI dan Polri sejumlah 675 orang akan mengamankan jalur-jalur simpul yang dilalui peserta balapan. “Mereka nanti akan dibantu teman-teman Satpol PP, Dishub, Senkom, dan lain-lain. All out pengamanan,” ujarnya. Lantaran menggunakan sebagian besar ruas jalan di tengah kota Banyuwangi, Sujarwo mengingatkan agar warga memperhatikan kondisi jalan saat kegiatan berlangsung. Kendaraan dari arah  selatan yang masuk kota akan dialihkan ke Jalan Brawijaya.

Kendaraan dari utara bisa lewat by pass pertigaan Sukowidi ke arah barat menuju Brak, Kalipuro, kemudian ke Jalan Brawijaya. Terkait kantong parkir, kepolisian bersama panitia sudah mempersiapkan lima kantong parkir. Kantong parkir itu meliputi Jalan Veteran untuk roda empat, Jalan Diponegoro untuk roda empat, Gedung Wanita untuk roda dua dan empat.

Dua kantong parkir lagi adalah Gedung Juang dan SD Kepatihan. Itu untuk roda dua. Sementara itu, para pembalap yang mengikuti kategori race (balap sepeda, red) biasanya mengikuti city tour lebih dulu. Sebab, city tour berkonsep fun cycling, yakni bersepeda santai sambil menikmati keindahan kota Banyuwangi. Kategori race terdiri atas dua kategori, semi profesional dan profesional. Semi profesional akan diikuti siswa SD, SMP, dan SMA se-Banyuwangi.

Kategori profesional akan diikuti peserta yang biasa ikut lomba, baik tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Tingkat itu terbagi dalam kelas pemula, junior, executive,  man elite, dan women elite. Nah, sebagian pembalap ternyata sudah merapat ke Banyuwangi. Dia adalah Elga Karisma. Pembalap wanita itu akan tampil di kelas women elite. Dia merupakan pembalap yang menjadi unggulan meraih juara dalam even tersebut. 

Meski begitu, tim tuan rumah, Banyuwangi Road Cycling Community (BRCC) Banyuwangi telah menyiapkan skenario dalam upaya meraih juara. ‘’Kita akan berusaha tampil maksimal agar bisa berjaya di rumah sendiri,” tukas Ketua BRCC, Guntur Priambodo. Di bagian lain, sejumlah rute yang akan dilalui para peserta akan disterilkan selama pelaksanaan. Guna memastikan kondisi jalan bagus, panitia akan  melakukan cek lapangan hari ini.

Mulai start hingga finis di Dusun Jambu, Desa Taman Sari, Kecamatan Licin. ‘’Besok (hari ini, red) akan kita cek semua ruas jalan,” ujar Guntur. Rute kategori race yang akan dilalui adalah dari Taman Blambangan, PLN, pendapa menuju Simpang Lima (Perliman), lalu ke Jalan dr. Sutomo. Setelah lap terakhir, para pembalap akan langsung melaju garis finis.  Ada berbagai kelas dalam kategori race, yaitu kelas pemula (< 16th) 2 lap, junior (< 18 th) 4 lap, woman 4 lap, executive 5 lap, dan man elite sebanyak 10 lap.

 Sejumlah peserta luar kota telah menyatakan siap berlaga di balapan tersebut. Seperti Pengda ISSI Malang, Bali, Probolinggo, Jember, Gresik, Surabaya Road Bike Community (SRBC), KFC Jakarta, dan atlet tim andalan tuan rumah, Banyuwangi Road Cycling Community (BRCC). Kali ini kategori eksekutif dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu usia 30-35, 36-40, dan 41 ke atas. Menurut dia, setiap tim beregu diisi 3 sampai 6 orang. (nic/ton/c1/bay)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: