Gakin Tegaldlimo 3.700 Jiwa

0
134

gakinTEGALDLIMO – Warga miskin (gakin) di Banyuwangi tampaknya masih menjadi perhatian serius Pemkab Banyuwangi. Sampai tahun 2013, persentase kemiskinan di Bumi Blambangan masih berkisar 8 persen. Yang mengejutkan, angka kemiskinan di kawasan pinggiran jauh lebih baik daripada penduduk yang tinggal di perkotaan. Kecamatan Tegaldlimo, misalnya. Pada tahun 2013 ini, jumlah penduduk yang tersebar di sembilan desa di kecamatan tersebut mencapai 66 ribu jiwa. Namun, jumlah warga miskin hanya sekitar 3.700 jiwa.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Data tersebut terus menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. ‘’Pada tahun 2011, warga miskin di sini mencapai 4.426 orang. Tahun ini sudah turun hampir 800 jiwa,” ungkap Camat Tegaldlimo, Ahmad Laini, kemarin. Dia menyebut, angka kemiskinan itu masih di bawah rata-rata kabupaten. Sebab, sesuai data dari Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS), warga miskin di Kecamatan Tegaldlimo kini hanya sekitar 7 persen. ‘’Jadi, kita masih di bawah rata-rata kabupaten dan ini cukup baik,” katanya.

Loading...

Meski begitu, jumlah warga miskin tersebut masih dianggap cukup besar. Kemiskinan warga itu akan terus berkurang jika melibatkan semua komponen masyarakat. ‘’Makanya, kita buat program satu RT peduli warga miskin,” katanya. Dalam pelaksanaannya, satu RT harus mendata jumlah warga miskin dan kurang mampu. Kemudian, warga mengumpulkan uang untuk memberikan bantuan kepada yang bersangkutan. ‘’Bantuan itu untuk bedah rumah warga miskin,” tuturnya.

Dalam setahun, masing-masing RT ditarget minimal berhasil membantu dua warga miskin. Jika langkah itu tanpa kendala, maka angka kemiskinan bisa dikurangi. ‘’Di sini ada 385 RT. Jadi, dalam setahun, bisa mengentas sekitar 770 warga miskin dan itu cukup fantastis,” katanya. Demi menyukseskan rencana itu, pihaknya meminta aparatur desa berperan aktif. Dengan demikian, tujuan mengentaskan kemiskinan akan sejalan dengan visi-misi pemerintah. ‘’Dalam berbagai kesempatan, kita sudah berikan petunjuk tentang hal itu,” tandasnya. (radar)

Loading...