Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Gedung Pramuka Jadi Warung

gedungMUNCAR – Gedung Pramuka di Dusun Sukomukti, Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, sudah tidak berfungsi sebagai tempat pendidikan. Bangunan di atas tanah kas desa (TKD) itu kini menjadi tempat berjualan makanan. Alih fungsi gedung tersebut mengundang tanya dan protes warga. Sejumlah masyarakat tidak setuju dengan alih fungsi tersebut. ‘’Gedung Pramuka kok dijadikan warung,” cetus Yanto, warga sekitar, kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin.

Warga meminta agar pemerintah desa (pemdes) segera menertibkan gedung Pramuka itu seperti semula. Itu sebagai upaya menjaga aset desa. ‘’Kami berharap agar pihak desa segera mengembalikan fungsi bangunan itu,’’ pinta Yanto. Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Sosialisasi Operasional Reformasi Orientasi Demokrasi (LSM Sorod) Banyuwangi, Iphong Poniyahadi mengatakan, jauh-jauh hari sebelumnya pihaknya sudah melayangkan surat kepada pemdes agar segera menginventarisasi aset desa.

Tujuannya, agar aset tersebut tidak berpindah tangan. ‘’Nah, ternyata muncul gedung Pramuka yang dijadikan warung,” katanya. Menurutnya, gedung Pramuka itu disewakan kepada orang lain. Hal itu tentu tidak sesuai fungsi. ‘’Masak gedung Pramuka digunakan jualan makanan. Kan tidak etis,’’ sesalnya.

Kepala Desa Sumberberas, Sri Purnanik mengatakan, jika gedung Pramuka dijadikan warung nasi, maka itu keputusan yang tidak tepat. ‘’Yang bersangkutan akan kita panggil,” janjinya. Pihaknya sudah mewanti-wanti pengurus Pramuka agar tidak mau jika ada yang membuka warung di dalam gedung itu. Sebelumnya, mereka hanya membuka warung di luar. “Nanti mau tidak mau mereka harus jualan di luar,” tegasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE