Grandong Dilarang Melintas di Jalan Raya

0
1412
Kasatlantas AKP Rls Andriyan Yudo Nugroho saat menghentikan kendaraan rakitan selep kemarin.
Kasatlantas AKP Rls Andriyan Yudo Nugroho saat menghentikan kendaraan rakitan selep kemarin.

BANYUWANGI – Banyuwangi dikenai sebagai gudang grandong (kendaraan rakitan). Kendaraan modifikasi tersebut bertebaran di jalan raya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kehadiran kendaraan rakitan itu dirasa cukup membahayakan jika melintas di jalan provinsi maupun jalan nasional. Karena itu, grandong di peringatkan untuk tidak melintas di jalan raya. Kendaraan rakitan tersebut dinilai tidak memenuhi standar kelayakan serta berpotensi menimbulkan kemacetan dan terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Loading...

Kasatlantas Polres Banyuwangi AKP Ris Andriyan Yudo Nugroho mengatakan, kendaraan rakitan apa pun yang tidak sesuai standar pabrikan tidak layak melintas di jalan raya. Apalagi, kendaraan rakitan tersebut tidak dilengkapi mesin dan fasilitas pendukung keselamatan. Misalnya, lampu penerangan, lampu rem, dan spion. “Selain tidak layak jalan, dari sisi safety sangat minim dan sangat berbahaya,” ungkapnya.

Yang masuk kategori grandong, jelas Riis Andriyan, adalah kendaraan selep keliling, kendaraan gergaji, grandong bak terbuka, kereta kelinci, dan jenis kendaraan rakitan lainnya. Kendaraan tersebut dinilai sangat membahayakan pengendara yang melintas di jalan raya.

Parahnya, hampir semua grandong adalah rakitan dari mesin diesel yang dimodifikasi khusus dengan bentuk tertentu. Karena itu, dia mengimbau para pemilik kendaraan rakitan jenis tersebut agar segera mengandangkan dan tidak melintas di jalan raya, baik di jalan raya nasional maupun provinsi.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2