Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Hadirkan Superhero, Tarik Minat Anak Jalani Vaksinasi Covid-19

Dua superhero dan maskot Polisi Lalu Lintas menemani seorang siswi yang sedang melakukan vaksinasi (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

NGOPIBARENG.ID – Sebuah terobosan dalam pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilakukan Polresta Banyuwangi. Polresta menghadirkan superhero untuk mendampingi anak-anak saat melakukan vaksinasi. Superhero yang dihadirkan adalah Spiderman, Kapten Amerika dan Batman. Selain itu, ada juga maskot polisi lalu lintas.

Para superhero ini dihadirkan dalam pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SD Al Khairiyah, Banyuwangi, Jumat, 11 Februari 2022.

“Ini salah satu terobosan yang kita lakukan untuk mempercepat capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun,” jelas Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Nasrun Pasaribu.

Nasrun menyatakan, ada pengaruh psikologi anak terhadap situasi di sekitarnya. Dengan kehadiran superhero dalam pelaksanaan vaksinasi anak ini, minimal akan memberikan rasa nyaman dan rasa senang bagi anak-anak yang akan melakukan vaksinasi.

“Terobosan yang kita lakukan ini agar anak-anak tidak terasa akan disuntik. Sebaliknya, dia merasa senang, jadi tidak ada beban sama sekali saat melakukan vaksinasi ini,” tegasnya.

Jurus ini terbukti cukup manjur. Anak-anak yang menjalani vaksinasi tampak antusias. Mereka berbaris rapi untuk antre menjalani vaksinasi. Beberapa anak bahkan terlihat tidak sabar untuk segera melakukan vaksinasi. Sebab para superhero tersebut duduk menemani anak yang divaksin.

Bahkan, usai vaksinasi, beberapa anak dan orang tua yang mendampingi anaknya melakukan vaksinasi sempat meminta foto bareng dengan dua superhero yang memang menjadi pujaan anak-anak tersebut.

“Tadi ada yang menangis, melihat superhero tidak jadi menangis. Ada yang takut, melihat ini malah jadi senang,” jelasnya.

Saat ini, menurut Nasrun, capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah mencapai angka 87 persen untuk dosis satu dan dosis kedua 26 persen.

“Akhir bulan ini kita targetkan sudah mencapai 100 persen,” tegasnya.

Salah satu murid yang mengikuti vaksinasi, Aqifa, mengaku senang dengan kehadiran superhero. Siswi kelas tiga ini mengaku lebih bersemangat melakukan vaksinasi setelah melihat ada superhero.

“Senang, vaksinnya ditemani superhero,” katanya dengan nada gembira.

Sumber : https://www.ngopibareng.id/read/hadirkan-superhero-tarik-minat-anak-jalani-vaksinasi-covid-19