Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Hari Ini Pilkades Masal di 41 Lokasi

BANYUWANGI – Pemilihan kepala desa (pilkades) masal mulai digelar hari ini (4/9) hingga Kamis besok (5/9). Pilkades di 95 desa itu digelar dalam dua tahap di hari yang berbeda. Tahap pertama, ada sekitar 41 desa di sepuluh kecamatan yang akan menggelar pilkades secara bersamaan pada hari yang sama. Ratusan calon kepala desa (kades) akan memperebutkan jabatan 41 kades yang tersebar di sepuluh kecamatan wilayah Banyuwangi Selatan.

Pilkades itu akan dilakukan secara serentak mulai pukul 07.00 dan akan berakhir pukul 14.00. “Selama enam jam, warga 41 desa di Banyuwangi Selatan itu diberi kesempatan menentukan pemimpin desa masingmasing,” ungkap Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Banyuwangi, Anacleto Dasilva, kemarin (3/9). Setelah selesai pencoblosan, kata Anacleto, akan di lanjutkan penghitungan hasil pemungutan suara.

Kepada semua warga desa yang menggelar pilkades, Anacleto berharap agar mendukung pelaksanaan pilkades secara tertib, damai, dan aman. Perbedaan pilihan jangan sampai merusak kekompakan antar warga. Pilkades diminta di manfaatkan sebagai even demokrasi untuk menentukan masa depan desa yang lebih baik. Sementara itu, pilkades masal tahap dua akan dilaksanakan pada Kamis besok (5/9). Pada pilkades tahap dua itu ada se kitar 54 desa yang tersebar di sebelas kecamatan yang menggelar pilkades secara bersamaan.

Pada tahap dua, pilkades terfokus di wilayah Banyuwangi Barat dan sebagian Banyuwangi Utara. Dalam pilkades tahap pertama hari ini, Bupati Abdullah Azwar Anas dan beberapa pejabat akan memantau langsung kegiatan demokrasi tingkat desa tersebut. Bupati Anas di rencanakan akan keliling untuk memantau pelaksanaan pilkades di beberapa desa. Jumlah calon kades di tiap desa variatif. Jumlah calon di masing-masing desa berkisar antara dua hingga tujuh calon. Jika tiap desa memiliki dua calon kades, maka jumlah calon yang bersaing hari ini sedikitnya 82 orang. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE