Intensifkan Pembangunan Fisik dan Nonfisik

0
1222
MEGAH: Kantor Desa Parangharjo, Kecamatan Songgon dibangun dengan anggaran Alokasi Dana Desa dan swadaya masyarakat.
PARANGHARJO – Upaya menyejahterakan masyarakat tidak bisa mendapat hasil maksimal jika hanya dilaksanakan dengan menggencarkan pembangunan fisik. Sebaliknya, pembangunan non fisik juga memiliki peran penting, seperti peningkatan sumber daya manusia (SDM).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hal itu disadari benar oleh aparatur Desa Parangharjo, Kecamatan Songgon. Buktinya, beberapa tahun terakhir, sejumlah pelatihan bagi warga desa yang mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian tersebut, digelar. Salah satunya pelatihan membuat pupuk kompos, serta beberapa bentuk pelatihan yang lain.

Tidak hanya itu, dengan gelontoran dana dari pemerintah, baik pusat, provinsi, maupun kabupaten, program pembangunan fi sik pun sudah banyak yang terealisasi. Sebut saja peningkatan jalan desa, dari yang semula hanya dilapisi aspal biasa diganti dengan hotmix, dan aspalisasi jalan makadam.

Untuk memperlancar pelayanan masyarakat, pihak desa juga telah membangun balai desa dengan bantuan alokasi dana desa (ADD) secara bertahap plus dana swadaya masyarakat. Pasalnya, kantor desa  yang lama dianggap sudah tidak representatif mengingat usianya yang sudah 40-an tahun. Juga pavingisasi beberapa gang diperkampungan Dusun Rejeng.

Menurut Kepala Desa (Kades) Parangharjo, Panji Widodo, pembangunan sektor pertanian juga telah terwujud berkat adanya bantuan hand traktor bagi kelompok tani, dan bantuan mesin pengolah pupuk kompos beserta pelatihan pembuatannya. “Beberapa waktu yang lalu warga kami yang tergabung dalam kelompok peternak juga mendapat bantuan sapi dari pemerintah,” ujarnya.

Tetapi tentu saja masih ada beberapa program pembangunan yang belum ter-cover. Seperti peningkatan jalan makadam di Dukuh Randuangung, Dusun Krajan Kulon, serta perbaikan ruas jalan yang rusak. “Kedepan, akan kami upayakan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat umum,” cetus Panji.

Menurut Panji, pihaknya beserta seluruh warga Desa Parangharjo berterima kasih kepada pemerintah yang telah menjalankan program pembangunan prorakyat. Baik pembangunan fisik maupun non fisik. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :