Jajaki Kerja Sama Banyuwangi – Badung

0
176

BANYUWANGI – Bupati Abdullah Azwar Anas menerima kunjungan persahabatan Bupati Badung, Bali Anak Agung Gede Agung di Pendapa Shaba Swagata Blambangan kemarin malam (14/7). Kunjungan persahabatan itu dimanfaatkan Bupati Anas untuk belajar banyak tentang pengembangan industri pariwisata.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bupati Anas mengatakan, Kabupaten Badung memiliki pengalaman panjang pengembangan industri pengembangan pariwisata. Khususnya masalah menerima dan melayani tamu-tamu asing. “Sebentar lagi Banyuwangi akan menggelar beberapa event internasional,” ujar Bupati Anas.

Sementara itu, rombongan Bupati Badung berjumlah sekitar 40 orang. Wakil Bupati Ba-dung Ketut Sudikarta juga ikut dalam rombongan. Dalam rombongan yang berjumlah sekitar 40 orang tersebut turut hadir Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kebudayaan, Direktur PDAM, dan Kabag Umum Kabupaten Badung, dan sejumlah tokoh agama Hindu.

Hadir pula dalam acara itu sejumlah tokoh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Banyuwangi, dan sejumlah kepala Satker Pemkab Banyuwangi. Bupati Anas mengungkapkan, Kabupaten Badung patut dijadikan contoh masalah pariwisata lantaran sering menggelar event internasional yang melibatkan banyak tamu internasional.

Untuk itu, Anas meng hendaki terjalin kerja sama erat antara Banyuwangi dan Badung. “Badung ini hebat, di sana banyak acara kelas dunia. Bahkan sebentar lagi APEC akan segera digelar. Dinas Pariwisata kita harus banyak belajar dari Badung tentang bagaimana menangani tamu internasional ini,” puji Bupati Anas.

Bupati Badung AA Ge e Agung memberikan apresiasi tekad Bupati Anas untuk membangun industri pariwisata di Banyuwangi. Dalam kesempatan itu, Gede Agung menyatakan siap untuk bekerja sama dengan Banyuwangi di bidang pariwisata. “Kami membuka diri bila tetangga kami ini ingin belajar dari kami,” ujar Bupati Gede Agung.

Bupati Badung pun sempat memuji keelokan tempat wisata yang ada di Banyuwangi. “Ijen dan pantai yang ada di Banyuwangi ini bagus sekali. Coba kalau pantai tersebut ada di Bali, pasti menjadi tempat favorit para turis,” pujinya. Kunjungan Bupati Badung ke Banyuwangi juga dalam rangka sowan dalam rangka rangkaian upacara besar agama hindu yang digelar di Pura Agung Blambangan Muncar.

Pada pertengahan Juli mendatang, kata Gede Agung, akan digelar acara keagamaan umat Hindu selama hampir satu bulan, yakni hingga awal Agustus men datang.   ”Istilahnya kami ini sowanke tuan rumah dan mohon doa restu akan menggelar karya besar di Blambangan. Sekaligus dalam kesempatan ini saya secara resmi mengundang Bapak Bupati untuk hadir dalam acara Tawur di Pura Agung Blambangan pada 30 Juli mendatang,” ujarnya.(radar)

Loading...