Kampung Berseri Siap Dinilai

0
214

kampungBLH Akan Menggelar Kemah Hijau


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI-Persiapan pelaksanaan penilaian Banyuwangi Hijau dan Bersih (BHB) kategori Kampung Berseri untuk tahun 2014, siap digelar. Ini terungkap dalam rapat koordinasi yang digelar di kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Banyuwangi pagi kemarin (7/8). Rapat yang dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banyuwangi, Husnul Chotimah itu dihadiri oleh perwakilan peserta Kampung Berseri, yakni para kepala kelurahan dari Kecamatan Banyuwangi dan Giri.

Dijadwalkan, penilaian lomba Kampung Berseri itu akan dilaksanakan mulai 1 September 2014. Obyek penilaian Kampung Berseri adalah lingkungan Rukun Tetangga (RT) yang ada di sepanjang bantaran aliran sungai Kalilo. Plt Kepala BLH Banyuwangi, Husnul Chotimah mengatakan tim juri BHB akan melakukan penilaian Kampung Berseri itu mulai 1 Sepetember 2014. Pihaknya berharap, dua kecamatan yang menjadi peserta lomba Kampung Berseri yakni Kecamatan Banyuwangi dan Giri untuk mempersiapkan diri dan segera berbenah. 

“Data calon peserta Kampung Berseri wajib sudah masuk di kantor BLH Banyuwangi terakhir pada 22 Agustus 2014,” katanya. Yang dilombakan dalam Kampung Berseri itu, jelas dia, satu wilayah tingkat RT yang ada di sepanjang bantaran sungai Kalilo, wajib bersih dari sampah dan memiliki tata kelola penataan lingkungan, kebersihan dan sanitasi yang baik.

”Bagi RT yang tidak berada di sekitar bantaran sungai Kalilo tidak perlu khawatir karena masih menjadi bagian utuh penilaian lomba Kampung Berseri,” ujarnya. Husnul mengingatkan kegiatan seperti kerja bakti, rapat bersama warga, sosialisasi dari kelurahan atau kecamatan, agar direkam dan didokumentasikan dengan baik. “Semua kegiatan itu bisa difoto dan dibuatkan laporan tertulis,” katanya. 

Sementara itu, setelah digelar rapat koordinasi persiapan penilaian BHB kategori Kampung Berseri. Siangnya, sekitar pukul 13.00 WIB, masih di tempat yang sama, BLH Banyuwangi menggelar rapat persiapan Kemah Hijau dan pengukuhan Saka Kalpataru Banyuwangi. Dalam memperingati hari lingkungan sedunia, BLH Banyuwangi menggelar Kemah Hijau dan pengukuhan Saka Kalpataru yang telah dibentuk dan disahkan oleh ketua Kwartir Cabang Pramuka Banyuwangi yang terdiri beberapa sekolah, termasuk sekolah Adiwiyata.

Diagendakan, acara Kemah Hijau dan pengukuhan Saka Kalpataru dilaksanakan pada 14 Agustus 2014 di GOR TawangAlun Banyuwangi, yang bersamaan dengan peringatan hari Pramuka se-Indonesia. Dalam Kemah Hijau dan pengukuhan Saka Kalpataru tersebut,akan diagendakan pembekalan materi tentang lingkungan hidup seperti perubahan iklim oleh LPBNU bidang perubahan iklim. 

Pengelolaan persampahan dengan motode 3R oleh LSM Maskot Banyuwangi. Ada juga materi Taman Kehati oleh BKSDA Banyuwangi dan Pelestarian Capung oleh Pemerhati Capung dari Yogyakarta. “Selain Kemah Hijau dan pembekalan, ada pameran hasil daur ulang sampah organik dan anorganik dari peserta,” ungkapnya. (radar)

Loading...