Kampung Inggris Hadir di Sepanjang

0
581

kampungBANYUWANGI – Mendapat apresiasi dari Bupati Abdullah Azwar Anas sebagai desa pertama yang mampu menekan angka buta aksara membuat Kepala Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore. terus membuat gebrakan. Kali ini, Kepala Desa Sepanjang membekali warganya dengan keahlian Bahasa Inggris. Kepala Desa Sepanjang. Rojikin menjelaskan, program itu merupakan tindak lanjut dari program pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menumpas buta aksara.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Oleh karena Desa Sepanjang dinyatakan berhasil menekan angka buta aksara itu, maka pihaknya maju selangkah dengan memberikan pendidikan pengetahuan bahasa Inggris. Program ini bekerjasama dengan tim tujuh. Targetnya adalah para pemuda. pedagang dan bapak/ibu, dengan begitu mereka akan mendapatkan pengetahuan tentang bahasa Inggris. “Dalam menjalankan program ini mereka tidak dipungut biaya, alias gratis. 

Dan dalam waktu tiga bulan kita harapkan mereka bisa berbahasa Inggris,” kata Rojikin. Rojikin mengatakan, membekali warga Desa Sepanjang dengan bahasa inggris bukan tanpa alasan. Dengan minimnya sumber daya alam (SDA) yang ada di desa itu, maka peluang untuk menggerakan perekonomian warganya ditempuh dengan cara meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia (SDM). Apalagi di Desa Sepanjang sudah ada beberapa konsep perekonomian yang bisa menopang peerekonomian warga. Yaitu dengan membentuk beberapa unit usaha dengan system cluster. Sistem ini dinamakan kampung.

Ada beberapa kampung yang sudah bisa diciptakan seperti kampung tempe/tahu, kampung tape dan kampung kambing, kampung mujahir. Ada lagi kampung pertanian dan kampung budidaya cacing setiap kampung-kampung ini berusaha untuk menggerakan unit usahanya sehingga per kampung dapat meningkatkan perekonomian kampung tersebut.” ujarnya. Sementara itu, kesuksesan kampung bahasa ini tentu tidak lepas dari Himpunan pendiri kampung Bahasa Glenmore (Hikasamore) yang terdiri dari tujuh lembaga kursus dan pelatihan. 

Di mananya lnochi Language House, English Onc, Britcom, Gametta PTCC. Starkom, dan Creative Center. Dipilihnya kampung bahasa Glenmore ini karena letak geografis desa yang cukup sejuk, masyarakat desa sepanjang yang religius, inovatif, kompak dan selalu ingin maju. “Dengan adanya kampung bahasa ini diharapkan para pelajar. mahasiswa dan masyarakat umum dapat praktik langsung dengan warda desa dengan bahasa inggris.” pungkasnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :