Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Lelang Gedung Pemkab Gagal

lelangBANYUWANGI – Untuk kedua kali lelang proyek pembangunan gedung baru kantor Pemkab Banyuwangi senilai Rp 35 miliar gagal menghasilkan pemenang. Penyebabnya, semua peserta lelang yang memasukkan penawaran tidak ada yang memenuhi syarat. Gagalnya lelang itu disampaikan Bupati Abdullah Azwar Anas pada peresmian Gedung Juang di kompleks Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Satria Selasa kemarin (21/5).

Dalam kesempatan itu, Bupati Anas menyampaikan, dirinya sudah meminta Dinas PU Bina Marga, Cipta Karya, Dan Tata Ruang serta panitia lelang menggelar lelang secara terbuka sesuai prosedur yang ada. Dalam lelang yang sudah digelar, kata Anas, semua penawaran yang diajukan tidak ada yang memenuhi syarat. Karena tidak ada peserta lelang yang memenuhi syarat, Bupati Anas memerintahkan Dinas PU dan panitia melakukan evaluasi.

Selain meminta dilakukan evaluasi, Bupati Anas juga memerintahkan dilakukan pengkajian jika proyek itu akan dilakukan lelang ulang. Jika waktunya tidak memungkinkan, Bupati Anas minta agar Dinas PU dan panitia tidak memaksakan diri menggelar lelang ulang Kalau proyek itu bisa di tuntaskan tahun 2013 ini, Bupati Anas mempersilakan lelang ulang digelar. Sebaliknya, jika waktu yang tersedia tidak cukup, maka Bupati Anas minta pro yek itu ditunda tahun depan.

“Saya perintahkan dilakukan ka jian dan penghitungan ulang. Jika waktunya mepet, saya minta jangan dipaksakan,” kata Bu pati Anas. Sekadar diketahui, pem bangunan gedung Pemkab Banyuwangi sudah direncanakan ta hun 2012 lalu dengan anggaran Rp 19 miliar. Tahun lalu pemerintah daerah sudah melelang proyek itu, tapi gagal menghasilkan pemenang. Penyebabnya, penawaran pe serta lelang tidak ada yang memenuhi syarat.

Rencana pembangunan itu akhirnya di tunda tahun 2013 ini, dan anggarannya membengkak menjadi Rp 35 miliar. Namun, lagi-lagi gagal menghasilkan pemenang lelang dengan alasan sama. Jika pembangunan gedung pemkab gagal dilaksanakan tahun ini, Bupati Anas berencana menggunakan anggaran Rp 35 miliar itu untuk memperbaiki jalan rusak. Sebelum tahun 2015, Bupati Anas menargetkan perbaikan jalan se panjang 1.500 km.

Mantan anggota DPR RI itu juga menargetkan perbaikan jalan rusak sepanjang 700 km se belum tahun 2015. “Karena itu, saya minta proyek kantor pemkab itu dihitung ulang secara cermat,” katanya. Sementara itu, peresmian Gedung Juang yang dibangun menggunakan APBD 2012 itu dihadiri Dandim 0825 Letkol Muslimin Fasyah dan para veteran serta pejuang. “Kita harapkan, gedung ini tidak hanya menjadi tempat persemayaman tapi juga menjadi tempat menyamai nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanan kepada generasi muda,” tandasnya.

Peresmian Gedung Juang itu ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan batu prasasti oleh Bupati Anas. “Kami atas nama keluarga besar Kodam V/Brawijaya dan keluarga besar veteran menyampaikan penghargaan atas di bangunnya Gedung Juang ini,” tegas Muslimin. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE