Mendadak Mutasi 140 Pejabat

0
355
DILANTIK: (Dari kiri) Abdul Kadir, Suyanto Waspotando, Arief Setiawan, dan Agus Siswanto, di Pendapa Sabha Swagata Blambangan sore kemarin.

BANYUWANGI – Gelombang besar mutasi pejabat melanda Pemkab Banyuwangi kemarin (12/11). Tidak tanggung-tanggung, jumlah pejabat yang bergeser ke tempat baru mencapai 140 orang. Pergeseran tempat tugas itu tidak hanya dialami para pejabat eselon III dan IV. Beberapa pejabat eselon II juga ikut terangkut gerbong mutasi tersebut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bupati Abdullah Azwar Anas memimpin langsung upacara pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat eselon II, III, dan IV tersebut di Pendapa Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi sore kemarin Pelantikan itu seolah menjawab pertanyaan sejumlah pihak terkait banyaknya pos strategis di jajaran pemkab yang diisi para pejabat berstatus pelaksana tugas (Plt).

Sebab, dalam pelantikan sore itu, beberapa pejabat yang sebelum nya berstatus Plt langsung di angkat menjadi pejabat de fi – nitif di pos masing-masing. Pos yang kini ditempati pejabat definitif, di antaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Wilayah, Mudjiono; Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Suyanto Waspo Tondo; Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), Abdul Kadir; dan Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP), Arief Setiawan.

Beberapa pejabat yang menempati pos baru adalah Wiyono, Iskandar Azis, Syaiful Alam Sudrajat, dan Agus Siswanto. Wiyono yang sebelumnya menjabat kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol & Linmas), kini dipercaya menakhodai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Jabatan ke pala Bakesbangpol yang di tinggalkan Wiyono ditempati Iskandar Azis. Posisi kepala Dinsos nakertrans setelah ditinggal Iskandar Azis kini ditempati Syaiful Alam Sudrajat.

Sebelumnya, Syaiful Alam bertugas sebagai staf ahli bupati. Sementara itu, Agus Siswanto yang sebelumnya menjabat kepala Dinas Perhubungan Ko munikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kini didaulat menempati pos baru sebagai kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Posisi kepala Dishubkominfo belum diisi pejabat definitif. Selain para pejabat teras di lingkungan pemkab, ratusan pejabat lain juga mengalami mutasi. Total, pejabat eselon II, III, dan IV, yang dimutasi mencapai 140 orang.

Mereka terdiri atas staf kecamatan, lurah, dan lain-lain. “Pelantikan dan rotasi jabatan ini kita lakukan untuk refresh organisasi yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja Pemkab Banyuwangi,” ujar Bupati Anas. Bupati Anas mengimbau para pejabat yang ditempatkan di pos baru segera menyesuaikan diri. “Mereka yang di tempatkan di pos baru sesuai yang diharapkan, tunjuk kanlah prestasi.

Bagi mereka yang ditempatkan di pos yang dianggap kurang menyenangkan, ya juga harus menunjukkan peningkatan prestasi. Dengan begitu, pada gelombang mutasi selanjutnya bisa ditempatkan di pos sesuai yang diharapkan,” pinta Anas. Bupati Anas menambahkan, sekitar Februari tahun depan mutasi akan kembali dilakukan di lingkungan Pemkab Banyuwangi, khususnya di pos jabatan kuasa pengguna anggaran. “Ke cuali posisi kepala BPBD. Posisi ini harus segera dilantik untuk mengantisipasi bencana yang berpotensi terjadi,” pungkasnya. (radar)

Loading...

There were no listings found.

Kata kunci yang digunakan :