Menunggu Pondasi Kering, Pasang Beton

  • Bagikan

WONGSOREJO – Pembangunan Jembatan Kramasan di Dusun Krajan, Desa Wongsorejo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, masih terus berlangsung hingga kemarin (29/8), proses pembangunan hampir memasuki tahap 50 persen.

Empat Fondasi sumuan sebagai penyangga jembatan itu sudah terpasang.  Dudi Riyanto, pelaksana proyek jembatan, mengakui bahwva saat ini proses pembangunan jembatan sudah hampir memasuki tahap 50 persen. Empat fondasi sumuran sebagai fondasi dasar jembatan itu sudah terbangun.

“Sumuran itu memang untuk kekuatan jembatan,” kata Budi Riyanto kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin. Budi menuturkan, saat ini proses pembangunan memang masih terus dikebut bertahap. Beberapa fondasi-fondasi di sisi kanan dan kiri jembatan saat ini masih dalam proses pengeringan.

Selanjutnya akan dipasangi beton. “Menunggu kering dulu. Normalnya 28 hari baru kering, terus kita pasangi beton. Saat ini masih memasuki hari ke-12 tahap pengeringan fondasi. Target empat bulan lagi dari sekarang jembatan harus selesai,” tuturnya.

Sekadar tahu, pembangunan jembatan tersebut di bawah naungan Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Provinsi Jawa Timur dengan nomor kontrak KU.08.09/1303/-1986- 2305/2015.

Yang bertindak sebagai kontraktor adalah PT. Galory Jasa Sarana dan konsultan supervisi PT. Adiyasa Decicon. Biaya yang digunakan senilai Rp 9.591.612.000.  Proyek pembangunan Jembatan kramasan di Dusun Krajan, Desa Wongsorejo, Kecamatan Wongsorejo, itu mulai dikerjakan pada April 2015 lalu.

Pembangunan jembatan yang menghubungkan jalur poros Situbondo-Banyuwangi itu diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan yang sering terjadi selama ini. Sebab, jembatan Kramasan yang lama berbentuk mirip huruf “S” dikenal sangat membahayakan pengendara.

Namun jembatan itu akan dibangun dengan panjang jembatan sekitar 70 meter dari arah selatan ke utara. Jembatan lama posisinya menghadap arah timur-barat. Lebar jembatan baru itu nanti sekitar 10 meter, termasuk trotoar untuk pejalan  Struktur jembatan yang baru itu semua balok beton. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: