Otonomi Award Memacu Banyuwangi Terus Berbenah

0
162

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi tampaknya tidak ingin berpuas diri menyikapi keberhasilan meraih dua gelar kinerja terbaik pada ajang Otonami Award (DA) 2014. Sebaliknya, penghargaan pada ajang yang diprakarsai The Jawa Pos Institute of Pro-otonomi (UPlP) tersebut justru akan dijadikan pelecut untuk terus berbenah, sekaligus menjadikan Banyuwangi kedepan lebih baik.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dikonfirmasi Jawa. Pos Radar Banyuwangi, Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, penghargaan tersebut merupakan apresiasi bagi rakyat Banyuwangi yang telah konsisten melaksanakan program yang dibuat. “OA itu dilaksanakan untuk mengukur beberapa kegiatan yang di anggap berhasil,” ujarnya kemarin (27/11). Menurut Anas, keberhasilan meraih penghargaan pada ajang apresiasi tertinggi tahunan yang dianugerahkan kepada pemerintah daerah yang mampu melahirkan kebijakan kreatif dan inovatif di era otonomi tersebut akan memacu pemerintah terus berbenah. 

“Ini akan memacu daerah supaya Banyuwangi kedepan berbenah lebih baik dan tidak sibuk ditingkat internal, tapi juga berkompetisi dengan masyarakat nasional dan internasional,” paparnya. Anas menambahkan, OA tak hanya sebagai alat ukur keberhasilan suatu program. Seperti halnya anak sekolah, anak tersebut mendapat nilai 5, berarti belajarnya kurang. Jika nilainya 8, berarti belajarnya rajin. Jika pelajar mendapat nilai sepuluh, berarti belajarnya sangat rajin. “Tetapi itu (penghargaan) bukan tujuan karena orientasi kami adalah kesejahteraan rakyat,” ujar lelaki berusia 41 tahun tersebut.

Loading...

Namun, imbuh Anas, kesejahteraan rakyat bisa tercapai kalau indikator kinerjanya bagus. Selama ini indikator kinerja tersebut palalel dengan target-target pencapaian Pemkab Banyuwangi. Hanya, Anas mengakui bahwa di beberapa bidang masih terdapat beberapa kekurangan. “Bahwa di sana-sini masih kurang, iya. karena memang agenda daerah ini (Banyuwangi) sangat besar. pungkasnya. Seperti dibedakan kemarin, Banyuwangi sukses membawa pulang gelar terbaik kinerja politik pada ajang OA 2014 yang di geber The Jawa Pos Institute of Pro-otonomi (IPIP) di Empine Palace Ball Room Surabaya, Senin malam (26/11).

Kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini sukses mengulang prestasi tahun lalu yang menonjol dalam kinerja politik Ada dua piala yang di bawa pulang Bupati Abdullah Azwar Anas pada malam penghargaan tersebut Pertama adalah piala grand category bidang kinerja politik. Piala ini diberikan kepada daerah yang menonjol dalam kinerja politik lokal. Daerah ini dinilai dinamis dalam partisipasi bidang politik dan transparan. Piala berikutnya masih di bidang politik yakni daerah paling menonjol dalam bidang akuntabilitas publik. (radar)

Loading...