Pasang Traffic Light Tenaga Surya

  • Bagikan

BANYUWANGI – Untuk mengurai pergerakan kendaraan bermotor di Kota Gandrung, Pemkab Banyuwangi akan menambah traffic light di beberapa titik. Tahun 2013 ini, pemkab akan memasang satu titik traffic light di Pertigaan ujung Jalan Adi Sucipto dan Jalan A. Yani. Pemasangan lampu merah itu untuk mengurai kendaraan yang datang dari tiga arah. Tiga titik itu yakni arah selatan Jalan Adi Sucipto, dari utara Jalan A.Yani, dan kendaraan yang datang dari arah timur Jalan Brigjen Katamso.

Proses pemasangan lampu merah itu kini masih dalam proses pemasangan fondasi. “Pemasangan traffi c light di simpang tiga Jalan A.Yani dan Jalan Adi Sucipto menggunakan dana sharing APBN dan APBD,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Suprayogi melalui Kabid Perhubungan Darat Hendra Lesmana kemarin (17/11). Hendra mengungkapkan, lampu merah di pertigaan ujung Jalan A. Yani berbeda dengan traffic light di tempat lain.

Kalau traffic light lainnya menggunakan setrum dari PLN, namun lampu merah di simpang tiga Jalan A.Yani ini akan menggunakan tenaga surya. Traffic light di pertigaan Jalan A.Yani merupakan satusatunya lampu merah yang menggunakan setrum dari tenaga surya. Ke depan, beberapa titik traffic light yang akan dipasang akan menggunakan tenaga surya. “Traffic light solar sel harganya memang lebih mahal dari traffic light biasa,” jelas Hendra.

Menurut Hendra, anggaran pengadaannya lampu merah biasa sebesar Rp 150 juta lebih. Sedangkan pengadaan traffic light solar sel bisa menyedot anggaran Rp 200 juta lebih. Walau pengadaannya mahal, namun anggaran operasional traffic light solar sel lebih murah dari operasional traffic lainnya. Walau jumlah traffic light bertambah, namun beban rekening listrik pemkab tidak akan bertambah karena tidak menggunakan listrik PLN. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: