Pengganti Kadinkes Masih Belum Jelas

  • Bagikan
Hariadji Sugito

BANYUWANGI – Posisi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bakal lowong empat hari lagi. Namun hingga kemarin (26/10), siapa calon pengganti dua jabatan yang segera lowong itu masih belum terkuak ke publik.

Jabatan kadinkes dan kepala Bappeda segera kosong karena pejabatnya memasuki purna tugas sebagai pegawai negeri sipil (PNS).Dua pejabat eselon II yang segera pensiun itu adalah Kadinkes Hariadji Sugito dan Kepala Bappeda Karti Utami. Walau masa jabatannya masih tersisa sekitar empat hari lagi, namun keduanya sudah menggelar acara perpisahan dengan sesama koleganya.

Perpisahan itu berlangsung pada acara kegiatan pengantar purna tugas yang dilakukan pemkab di gedung Diklat di Kecamatan Licin Kamis lalu (25/10). Dalam acara pengantar purna tugas tersebut, keduanya sama-sama menyampaikan sambutan perpisahan  Ikut melepas purna tugas itu, Sekkab Slamet Kariyono dan beberapa pejabat pemkab.

Ke dua pejabat eselon II itu akan resmi menanggalkan jabatannya pada 1 November 2012 mendatang. Meski kedua jabatan itu akan kosong, namun belum terungkap siapa calon penggantinya hingga kemarin. Hingga keduanya meninggalkan jabatan masing-masing, kemungkinan besar belum ada pengganti pejabat definitif.

Pada saat keduanya memasuki masa pensiun, Bupati Abdullah Azwar Anas masih berada di Tanah Suci Makkah. Diperkirakan, jabatan kadinkes dan kepala Bappeda akan dibiarkan kosong. Untuk mengendalikan kedua satker tersebut, kemungkinan besar ditunjuk pejabat pelaksana tugas (Plt). Pengisian Plt kedua Satker itu sudah disyaratkan Kepala Badan  epegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi, Sih Wahyudi.

Menurut Sih wahyudi, masa pensiun kedinkes dan kepala Bappeda akan berlaku efektif pada 1 November 2012 mendatang. Sebelum 1 November mendatang, maka keduanya masih resmi menjabat dan bertanggung jawab terhadap kelancaran tugas-tugas terhadap dua satker itu. “Pengisian plt akan dibahas setelah yang bersangkutan resmi memasuki pensiun,” katanya.

Sementara itu, intuk posisi jabatan kadinkes, ada dua dokter yang kepangkatannya sama dengan Hariadji yakni IV/c. Sedangkan pangkat di bawah Hariadji, yakni IV/b ada sekitar enam dokter yang kepangkatannya sudah memenuhi. Empat dokter yang memiliki kepangkatan IV/b bertugas di beberapa Puskesmas. Se dangkan dua dokter lainnya, saat ini menduduki jabatan ese lon III di Dinas Kesehatan.

Baca :
Kejar Target 61.000 Ton Gula di Glenmore, Bupati Banyuwangi Ingin Petani Diberdayakan

Sementara untuk peluang peng ganti Karti Utami, di Bappeda tidak pejabat yang setara de ngan pangkat Karti IV/c. Pangkat tertinggi para pejabat Bappeda setelah ditinggal Karti adalah IV/b. Sedangkan pejabat lainnya di Bappeda sebagian besar pangkatnya masih IV/a. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: