Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Pengguna Kendaraan di Jalur Gumitir Wajib Waspadai 7 Titik Longsor Ini: Semuanya Terdeteksi Masuk Wilayah Banyuwangi

pengguna-kendaraan-di-jalur-gumitir-wajib-waspadai-7-titik-longsor-ini:-semuanya-terdeteksi-masuk-wilayah-banyuwangi
Pengguna Kendaraan di Jalur Gumitir Wajib Waspadai 7 Titik Longsor Ini: Semuanya Terdeteksi Masuk Wilayah Banyuwangi
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Radarbanyuwangi.id – Hujan yang masih turun dengan deras dan merata di Bumi Blambangan, menyebabkan sejumlah titik longsor kecil di Jalur Gumitir, Dusun Barirejo, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru. Di sepanjang jalan yang berkelok itu, setidaknya ada tujuh titik longsor di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Sejumlah titik longsor itu, harus menjadi perhatian bagi warga yang akan melintas di Jalur Gumitir, terutama saat turun hujan deras. Sebab, itu bisa menganggu dan membahayakan pengguna jalan.

“Ada beberapa titik longsoran, itu karena hujan turun dengan deras,” terang Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, Ely Agustiamingsih, 43.

Menurut Ely, sejumlah titik longsor itu tidak besar, tetapi cukup mengkhawatirkan. Longsoran kecil yang berada di utara Patung Gandrung Gumitir, itu terjadi sekitar sebulan lalu.

“Itu cukup membahayakan para pengendara, masih berpotensi longsor lagi bila turun hujan deras,” katanya.

Kondisi itu, lanjut Ely, sangat berbahaya bagi pengendara. Sebab, di atas lokasi longsoran kecil itu ada pohon berukuran cukup besar.

“Takutnya, saat longsor terjadi pohon yang di atasnya ikut tumbang,” ucapnya.

Ely berharap ada rempesan ranting dan cabang pohon. Sehingga, bila turun hujan dengan intensitas tinggi tidak membahayakan pengendara.

“Kami mengupayakan ada rempes dengan pengajuan ke Perhutani dan melampirkan ke Muspika Kalibaru,” ucapnya.

Relawan TRC Gumitir, Wiji Hariyanto, 42, membenarkan ada sejumlah titik longsor kecil di Jalur Gumitir. Meski tidak sampai mempengaruhi laju pengendara, perempesan ranting pohon besar diharapkan bisa segera dilakukan.

“Titik longsoran berada di sekitar KM 237.400 Banyuwangi-Surabaya,” katanya.

Berdasarkan pantauannya, jelas dia, longsoran kecil terjadi di tujuh titik sepanjang Jalur Gumitir yang masuk wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Titik longsoran itu, saat ini mengering. “Meski sudah mengering, tapi masih rawan jika hujan deras turun,” ujarnya.(rei/abi)