Prestasi Alumni Jadi Pertimbangan

  • Bagikan

sulihtiyonoBANYUWANGI – Perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ini akan memberikan pertimbangan khusus pada sekolah menengah yang lulusannya berprestasi di PTN tersebut. Selain akreditasi sekolah dan nilai ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), prestasi senior akan menjadi pertimbangan khusus diterimanya peserta seleksi masuk PTN.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Sulihtiyono, melalui Kasi Pendidikan SMP, Sutikno mengungkapkan, bagi sekolah yang memiliki alumni dengan prestasi akademik yang baik di PTN  mendapat pertimbangan berbeda.

Karena sekolah tersebut dianggap mampu menghasilkan output yang baik. Prestasi senior itu akan menjadi nilai tambah bagi adik kelasnya yang ikut mendaftar di PTN yang sama. “Semisal ada siswa yang mendaftar di PTN A, kemudian PTN tersebut akan melihat apakah ada kakak kelas siswa tersebut yang berkuliah di sana berprestasi, maka juniornya akan mudah diterima.” jelas Sutikno.

Menurut Sutikno, beberapa sekolah menengah di Banyuwangi sudah memiliki jalinan dengan PTN yang ada, baik melihat akreditasi sekolah mau pun kualitas output yang dihasilkan. Saat ditanya mengenai PTN dan Politeknik Negeri yang ada di Banyuwangi, Sutikno manjawab ada pertimbangan khusus untuk Calon mahasiswa asal Banyuwangi.

Meskipun faktor tes, baik melalui seleksi nasional maupun ujian mandiri tetap ada, tapi ada kuota khusus yang dipersiapkan. Biasanya ada sekitar 20 persen kursi yang disediakan oleh PTN dan politeknik negcri untuk mahasiswa lokal Banyuwangi.

Kadispendik Sulihtiyono menambahkan, siswa yang ingin diterima di PTN harus bekerja keras. Selain melalui SNMPTN, nilai dari ujian nasional (UN) juga akan menjadi pertimbangan PTN untuk menerima mahasiswa. “Meski ada pertimbangan dari alumni dan akreditasi, tapi tidak ada jaminan kuota, jadi siswa harus tetap belajar agar bisa menembus SNMPTN,” kata Sulihtiyono. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: