Rebut Hadiah Utama 1 Unit Mobil Agya

0
538

city-turBANYUWANGI – Banyuwangi City Tour and Race (BCTR) edisi tahun 2015 akan digeber Sabtu besok (18/4). Yang paling heboh, even bersepeda mengelilingi kawasan kota Banyuwangi itu akan memperebutkan hadiah utama berupa satu unit Toyota Agya. Even balap sepeda itu terdiri atas dua kategori. yaitu city tour dan race (balap sepeda). Khusus city tour berkonsep funs cycling, yakni bersepeda santai sambil menikmati keindahan kota Banyuwangi.

Karena sifatnya fun city tour itu bisa diikuti siapa saja. Masyarakat umum bisa ambil bagian dan meramaikan ajang tersebut. Selain itu, para penghobi olahraga sepeda, baik individu maupun komunitas sepeda, juga bisa tampil dalam momen yang masuk rangkaian Banyuwangi Festival 2015 itu. Kegiatan tersebut memang dalam upaya mendorong agar olahraga bersepeda menjadi gaya hidup masyarakat, terutama anak muda.

Maka dari itu, siapa saja boleh ikut. “Masyarakat bisa mendaftar langsung ke kantor Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, atau outlet yang telah ditentukan,” ujar ketua panitia BCTR tahun 2015, Guntur Priambodo, kemarin. Peserta yang ikut city tour mencapai 10 ribu orang. Para peserta akan mengelilingi kota Banyuwangi sepanjang delapan kilometer. Selain menikmati kota, juga agar peserta mengetahui sejumlah check point di kota Banyuwangi.

“Kota Banyuwangi saat ini sudah tertata dan rapi. Taman- taman kota juga indah. Banyuwangi dua tahun berturut-turut menerima Adipura,” kata Guntur. Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Banyuwangi itu menambahkan, keindahan kota Banyuwangi bisa dinikmati. “Para peserta bisa tahu tetenger yang ada di kota, mulai Patung Pahlawan di Simpang Lima hingga TMP yang asri,” terang Guntur.

Sesuai rencana, kegiatan itu dimulai pukul 06.00. Peserta fun cycling itu akan start dan finish di Taman Blambangan. Rute city tour itu dimulai dari Taman Blambangan, PLN, pendapa, ke arah selatan menuju Patung Kuda. Setelah itu, menuju Jalan Baru (jl. Kepiting). jl. MT Haryono, jl. Wahid Hasyim, jl. dr. Sutomo, dan finish di Taman Blambangan. Sementara itu, kelas race (balapan) rencananya akan dimulai pukul 09.00, yakni setelah city tour finish.

Balapan tersebut terbagi dalam kategori semi profesional dan profesional. Semi pro akan diikuti siswa SD, SMP dan SMA se-Banyuwangi. “Akan ada perwakilan dari tiap sekolah untuk ikut kompetisi ini,” kata dia. Kategori profesional, jelas Guntur, akan diikuti peserta yang biasa ikut lomba, baik tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Itu terbagi dalam kelas pemula, junior, executive, man elite, dan women elite. Para pembalap pro tersebut akan menempuh rute kriterium sepanjang 2,4 KM dengan sejumlah putaran.

Kelas pemula (< 16 thn) 2 lap, junior (< 18 thn) 4 lap, woman 4 lap, executive 5 lap, dan man elite sebanyak 10 lap. Rute kriteriurn akan start di Taman Blambangan, PLN, pendapa, menuju ke arah Simpang Lima (Perliman), jl. Dr. Sutomo. ‚ÄúSetelah menempuh lap terakhir, semua kelas akan langsung mengakhiri balapan di Pos 1 Tawonan, Ijen,” ulasnya.

Sebagian peserta luar kota telah menyatakan siap berlaga pada ajang tersebut. Pengda ISSI Malang, Bali, Probolinggo, Jember, Gresik, Surabaya Road Bike Community, KFC, dan atlet tim andalan Banyuwangi BRCC (Banyuwangi Road Cycling Club), menyatakan siap. “Selain itu, kelas executive akan diikuti pcnghobi sepeda nasional, pengusaha ternama Sandiaga Uno, dan bos Jawa Pos Koran, Azrul Ananda,” pungkas Guntur. (radar)