Rp 136 M untuk Jalan Provinsi

0
308

PESANGGARAN – Pada tahun 2012 ini Pemprov Jatim menyiapkan anggaran cukup wah untuk perbaikan jalan di Banyuwangi. Tidak tanggung- tanggung, dana yang dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur tersebut mencapai Rp 136 miliar. Hal itu diungkapkan Irwan Setiawan, anggota komisi D, DPRD Jawa Timur, saat meninjau jalan rusak di Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Irwan menerangkan, panjang ruas jalan provinsi di Bumi Blambangan 89,41 kilometer. Sejumlah anggaran yang digelontorkan itu diperuntukkan dalam berbagai hal, antara lain pemeliharaan rutin, berkala, dan peningkatan kualitas jalan. Dia menjelaskan, ruas jalan yang membutuhkan pemeliharaan rutin adalah sepanjang 79,95 kilometer. Jalan yang butuh pemeliharaan secara berkala sepanjang 2,3 kilometer.

Loading...

“Pemeliharaan rutin berlaku bagi jalan yang masih baik atau sedang. Pemeliharaan berkala berlaku bagi jalan rusak ringan,” jelasnya. Nah, panjang jalan rusak parah yang mendapatkan kucuran dana segar adalah 7,13 kilometer. ‘’Dari tahun ke tahun, anggaran untuk infrastruktur di Banyuwangi terus naik,’’ kata Irwan. Anggota komisi bidang pembangunan itu berharap alokasi anggaran yang cukup besar itu dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Apalagi, jalan rusak memang menjadi keluhan masyarakat. ’’Kita datang ke sini (Kandangan, Red) karena ada keluhan masyarakat,’’ terangnya. Hanya saja, kata dia, pemerintah provinsi tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi problem tersebut. Sebab, jalan itu merupakan tanggung jawab pemerintah daerah. ’’Tapi, kita akan tetap bantu dorong Pemkab Banyuwangi agar lebih serius terkait kondisi jalan di desa-desa,” pungkasnya. (radar)