Rp 3 Miliar untuk Jalan 3 Km

0
129
MEDAN BERAT: Truk kecil melaju di tanjakan Ereg-Ereg lereng Gunung Ijen, Kecamatan Licin, Banyuwangi, pekan lalu.

Jalan Rusak Lereng Ijen Segera Diperbaiki


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Kerusakan infrastruktur jalan menuju wisata Gunung Ijen, secara bertahap segera diperbaiki. Tahun ini, APBD Banyuwangi menggelontor pundi-pundi Rp 3 miliar untuk memuluskan jalan menuju destinasi wisata internasional tersebut.

Anggaran sebesar Rp 3 miliar itu akan dipakai untuk melanjutkan perbaikan jalan yang hancur di lereng Gunung Ijen. Pada anggaran 2011 lalu, APBD sudah menggelontor dana sebesar Rp 1,2 miliar untuk mengawali perbaikan. Perbaikan tahun lalu dimulai Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin.

Anggaran Rp 1,2 miliar itu berhasil memperbaiki jalan rusak sepanjang lima kilometer. “Perbaikan tahun lalu mencapai kilometer tujuh (Km 7) yang dimulai dari Dusun Jambu,” ungkap Plt Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Banyuwangi, Mujiono kemarin (17/6).

Loading...

Tahun ini, anggaran sebesar Rp 3 miliar tersebut akan digunakan untuk perbaikan jalan dari titik Km 7. Panjang jalan yang akan diperbaiki mencapai tiga kilometer. Mujiono mengakui, anggaran tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya, dan hasilnya jauh lebih pendek daripada tahun lalu.

Membengkaknya anggaran itu disebabkan karena medan lokasi jalan tersebut jauh lebih berat daripaa lokasi perbaikan tahun 2011 lalu. Tahun ini, lokasi perbaikan banyak yang menanjak sehingga anggaran perbaikan yang dibutuhkan jauh lebih besar. Mujiono menambahkan, anggaran Rp 3 miliar itu kemungkinan malah tidak mencukupi untuk membiayai perbaikan sepanjang tiga kilometer.

‘’Jika ada kegiatan pengeprasan jalan, jelas anggaran Rp 3 miliar tidak mencukupi hingga tiga kilometer,’’ ujarnya. Sebaliknya, kata Mujiono, jika tidak ada kegiatan pengeprasan jalan, besar kemungkinan anggaran Rp 3 miliar cukup untuk menuntaskan perbaikan jalan hingga tiga kilometer.

“Kita harapkan, perbaikan tahun ini bisa mendukung penuh kunjungan wisata ke kawah Ijen,” ujarnya. Untuk diketahui, pada saat promosi wisata Banyuwangi di Bali beberapa waktu lalu, ratusan agen wisata mengeluhkan akses jalan menuju kawah Ijen. Gunung Ijen dinilai memiliki daya tarik yang cukup tinggi bagi wisatawan mancanegara.

Namun, mereka mengeluhkan sulitnya akses jalan menuju lokasi tersebut. Pada kesempatan itu, Bupati Abdullah Azwar Anas menjanjikan untuk segera memperbaiki kerusakan jalan menuju Gunung Ijen tersebut. Saat ini, janji Bupati Anas itu mulai direalisasikan. “Pekerjaan perbaikan itu segera kita mulai. Sekarang masih proses akhir tender, dalam waktu dekat ini akan rampung,” tegas Mujiono. (radar)

Loading...