Sambut Wapres, Banyuwangi Siaga

0
92

Amankan Situasi, Kerahkan 2.542 Personel Gabungan

BANYUWANGI – Wakil Presiden Jusuf Kalla hari ini dijadwalkan berkunjung ke Banyuwangi. Kedatangan orang nomor dua di Indonesia itu bakal mendapat pengamanan ketat. Personel keamanan disebar di semua titik yang bakal dilewati rombongan Wapres.

Sejak pagi, ratusan tentara dan polisi bersiaga layaknya persiapan perang hampir di seluruh sudut kota. Empat unit kendaraan panser dan dua kendaraan barracuda milik TNI dan Polri siap-siaga sejak pagi hari.  Rencananya hari ini Wapres akan mengunjungi beberapa titik di Banyuwangi.

Mulai Bandara Blimbingsari,   Sekolah Pilot Banyuwangi, Pendapa Sabha Swagata, Lounge Pemkab Banyuwangi, Pabrik LPG anak perusahaan Bosowa di Bulusan, dan Desa Wisata Oseng Kemiren. Seluruh pasukan yang disiagakan tersebar di sekitar lokasi-lokasi yang  akan menjadi objek peninjauan dari Wapres Jusuf Kalla. Mulai di tengah kota hingga  wilayah sekitar Desa Kemiren.

Komandan Korem 083 Baladhika jaya, Kolonel (Inf) Wachid Apriliyanto mengatakan, ada 2.542  personel gabungan yang disiapkan dalam pengamanan kali ini. Rinciannya, 1.932 TNI, 531  Polri, dan 98 petugas gabungan dari Pemkab Banyuwangi.

Apriliyanto menambahkan, untuk pengamanan kali ini seluruhnya berada di bawah komandonya. Personel digabung dan dibagi berdasarkan lokasi penempatannya. “Kita bagi berdasarkan lokasi, mulai  dari bandara, pemda, Bosowa sampai Kemiren. Kita gabungkan antara  TNI dan Polri yang ada. Kita gunakan  satu komando untuk mempermudah kordinasi,” ujar Apriliyanto.

Dandim 0825 Banyuwangi,  Letkol (Inf) Roby Bulan menambahkan, seluruh pasukan langsung menuju lokasi yang akan dikunjungi Wapres begitu usai upacara persiapan pengamanan. Ada sekitar sepuluh tim gabungan  yang mengamankan wilayah dan  jalur yang akan dilewati oleh Wapres.

“Saya sendiri mempimpin regu untuk pengamanan pendapa. Ada regu Brimob, Kodim, dan Yonif 527. Besok (hari ini) lima  jam sebelum Wapres datang,  kita sudah masuk semua ke lokasi,” terang pria asal Aceh itu. Selama berada di Bumi Blambangan, orang nomor dua di  Indonesia itu akan menjalani  serangkaian kunjungan kerja.

Tempat yang akan didatangi JK antara lain Lapter Blimbingsari,   sekolah penerbangan, terminal LPG Pressurized yang merupakan anak usaha Bosowa di Bulusan, dan Desa Adat Kemiren di Glagah. Rombongan Wapres diperkirakan mendarat di Bandara Blimbingsari siang hari.

Selanjutnya, rombongan akan merapat ke Pendapa Bupati untuk jamuan makan siang. Pengamanan di bandara dibagi menjadi tiga ring. Ring satu Paspampres, ring dua personel polres, dan ring tiga Brimob.  Usai jamuan makan siang, rombongan Wapres diundang bupati   Abdullah Azwar Anas ke lounge Pemkab Banyuwangi.

Dari kantor pemkab, Wapres JK meluncur ke lokasi pabrik semen Bosowa di Bulusan untuk meresmikan beroperasinya terminal LPG Pressurized yang berlokasi di atas tanah seluas 9 hektare di Jalan Gatot Subroto KM 05, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro.

Sekadar diketahui, terminal LPG yang akan diresmikan JK dibangun untuk memasok kebutuhan gas LPG di kawasan JawaTimur dan Bali. Terminal ini akan dikelola anak usaha Bosowa, PT. Misi Mulia Petronusa. Terminal ini dibangun dengan kapasitas tampung mencapai 10.000 metrik ton LPG. Untuk pasokan LPG, telah menjalin kerja sama dengan Pertamina. (radar)

Loading...