Sehari Rampungkan Verifikasi 5 Parpol

0
253

Partai Nasdem Optimistis Lolos


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Tim KPU Banyuwangi terus melakukan verifikasi faktual terhadap sejumlah partai politik (parpol) yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos secara administrasi. Kali ini, tim datang ke kantor lima parpol, yakni Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), PPP, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Ada tiga poin penting yang menjadi sasaran verifi kasi faktual tersebut, di antaranya kelengkapan susunan pengurus, keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan, dan cek domisili kantor. Anggota KPU Banyuwangi, Irfan Hidayat mengatakan, dari 16 parpol yang ditetapkan lolos verifikasi administrasi di tingkat pusat, ternyata hanya 14 parpol yang menyerahkan berkas minimal seribu KTA ke KPU Banyuwangi.

“Nah, dari 14 parpol yang kami verifikasi faktual, ada beberapa catatan yang kita berikan, misalnya ala mat kantor tidak sesuai berkas yang diserahkan ke KPU. Namun demikian, parpol tersebut masih memiliki waktu untuk memperbaiki berkasnya,” ujar nya. Menurut Irfan, pada 25 sampai 26 November pihaknya akan menyurati parpol untuk melengkapi berkas. Parpol memiliki tenggat waktu hingga 3 Desember 2012 untuk memperbaiki berkasnya.

Setelah 3 Desember, KPU akan memve rifikasi hasil perbaikan berkas parpol dan kemudian diserahkan ke KPU Provinsi Jatim. “Selanjutnya, tanggal 11 Ja nuari 2013, pengumuman secara nasional parpol peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014,” pungkasnya. Sementara itu, Ketua DPD Par tai Nasdem Banyuwangi, Misbah Imam Subari mengatakan, pihaknya optimistis Nasdem menjadi peserta Pemilu 2014.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2