Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Serba-serbi Rujak Soto, Kuliner Unik Asli Banyuwangi?

rujak soto (dok.pribadi/Laily Jazilatur Rohmah)

Ngopibareng.id – Rujak soto merupakan kuliner khas Banyuwangi yang memadukan dua makanan lezat yaitu rujak cingur dan soto babat. Rujak cingur dengan bumbu kacang yang gurih bercampur dengan kuah soto yang menyegarkan akan memberikan sensasi lezat bagi para penikmatnya.

Tertarik mengenal lebih lanjut tentang makanan unik khas Banyuwangi ini? Berikut adalah serba-serbi menarik dari rujak soto.

1. Pembuatan masih dilakukan secara tradisional

Rujak soto merupakan perpaduan antara rujak cingur dan soto babat. Tidak terlepas dari julukannya sebagai makanan tradisional, pembuatan rujak soto banyuwangi juga masih menggunakan alat-alat tradisional yang disebut dengan lemper dan uleg-uleg.

Lemper sebagai tempat untuk bahan-bahan pembuatan bumbu. Sedangkan uleg-uleg sebagai alat untuk menghancurkan atau menghaluskan bahan-bahan bumbu rujak cingur.

Selain menggunakan alat tradisional, sudah ada beberapa penjual yang mulai menggunakan alat untuk mempermudah pembuatan rujak cingur ini misalnya dengan menggunakan blender.

Namun, banyak masyarakat yang berpendapat bahwa pembuatan rujak cingur lebih enak jika menggunakan lemper dan uleg-uleg, tanpa dihaluskan terlebih dahulu menggunakan blender.

2. Bahan utama rujak soto adalah berupa cingur dan kulit sapi

Bahan utama pembuatan rujak cingur adalah cingur itu sendiri. Cingur merupakan bagian sapi mulai dari hidung hingga bagian mulut. Cingur harus melalui proses pembersihan dahulu dan dimasak hingga matang dan empuk. Setelah itu, dilakukan proses penggorengan untuk mendapatkan tekstur yang dinginkan.

Sedangkan untuk bahan utama soto babat adalah babat sapi atau kulit sapi yang berbentuk lembaran dan kemudian dibersihkan. Setelah itu, dipotong-potong menjadi bagian kecil untuk memudahkan melahapnya.

Setelah menjadi potongan kecil, babat tersebut dimasak hingga matang dan empuk. Setelah itu, dicampurlah dengan kuah soto yang telah disiapkan sebelumnya.

3. Ada bahan pendamping lainnya yang kaya gizi

Selain cingur dan babat, rujak cingur juga berisi bahan lainnya yang bergizi tinggi.

Dalam rujak cingut tersebut terdapat bumbu kacang yang terbuat dari kacang goreng, cabai, pisang kluthuk, garam, gula merah, petis merah, petis hitam, dan air asam. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu dalam lemper dan dihaluskan dengan menggunakan uleg-uleg.

Setelah bumbu halus, masih di lemper yang sama ditambahkan pula isian dari rujak cingur tersebut seperti tahu goreng, tempe goreng, timun, cingur, lontong, dan macam-macam sayuran.

Sayuran yang ditambahkan merupakan sayuran yang direbus seperti kangkung, kecambah, dan kacang panjang.

4. Dicampur dengan kuah soto babat yang menyegarkan

Selain rujak cingur yang memiliki bahan yang bergizi, ada pula soto babat dengan kuah menyegarkan sebagai komponen utama rujak soto.

Kesegaran soto babat ini berasal dari kuah soto berwarna kekuningan yang telah dilengkapi dengan daun seledri dan bawang goreng. Selain itu, ditambah pula dengan perasan jeruk nipis sesuai selera. Rasanya gurih dan menyegarkan.

5. Penampilan rujak soto yang unik dan menarik

Bagaimana jika dua makanan yang berbeda ini dimakan dalam sekali hap? Inilah yang disebut dengan rujak soto.

Meskipun kedua makanan tersebut sangat berbeda, tapi ketika sudah masuk ke mulut akan memberikan kelezatan yang nikmat. Sensasi pedas manis yang berasal dari rujak cingur akan berpadu dengan segar gurihnya kuah soto babat. Inilah yang menyebabkan rujak soto banyuwangi punya banyak penggemar.

Jika berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa menikmati kelezatan rujak sotonya ya. Dijamin bikin kamu ketagihan!

Laily Jazilatur Rohmah

Sumber : https://www.idntimes.com/food/diet/laily-jazilatur-rohmah/serba-serbi-rujak-soto-c1c2/5