Syahbandar Cek Kesiapan 42 Kapal

0
271


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Persiapan Long Weekend Akhir Tahun

KALIPURO – Menjelang libur panjang akhir tahun ini, syahbandar dari KUPP Kelas III Ketapang, KSOP Tanjung Wangi dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) pusat menggelar uji petik. Sebanyak 42 kapal motor penumpang (KMP) di Pelabuhan  Ketapang diperiksa kesiapannya untuk mengetahui kelayakan dari kapal yang melayani  jasa penyeberangan di Selat Bali jelang long  weekend.

Kepala KUPP Kelas III Ketapang Ispriyanto melalui petugas kesyahbandaran, Widodo mengatakan, meski dalam sebulan sekali sudah  dilakukan uji petik kapal, namun secara khusus menjelang libur Natal dan Tahun Baru ini uji petik lebih dioptimalkan. Pemeriksaan dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan   para pengguna jasa transportasi.

”Pemeriksaan sudah mulai haru Jumat, kami lakukan berkala sampai 42 kapal,” terang Widodo. Pemeriksaaan yang dilakukan dalam uji petik ini meliputi pemeriksaan alat keselamatan, konstruksi kapal, lambung, alat navigasi kapal, surat-surat kapal, alat pemadam kebakaran, life jacket, pelampung dan lain sebagainya.

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi kapal yang melayani jasa penyeberangan penumpang di Selat Bali benar-benar sudah prima kondisinya. ”Kapal harus benar-benar ready dari segala aspek keselamatannya,” tandasnya.

Tidak hanya di Pelabuhan Ketapang saja, uji petik juga dilakukan di Pelabuhan Tanjung  Wangi. Di sana ada empat kapal yang dilakukan  pemeriksaan oleh pihak KSOP Tanjung Wangi  dan Dirjen Hubla. Selain pemeriksaan kapal, petugas juga melakukan pengecekan terkait  kesiapan dermaga dan fasilitas lain yang ada   di pelabuhan.

”Ini instruksi dari pusat menjelang libur panjang yang tidak lama lagi akan  berlangsung ini. Alhamdulillah semua aman,” kata Ade Sucipto, petugas KSOP Tanjung Wangi. Sementara itu, menjelang libur Maulid Nabi jumlah kendaraan maupun penumpang dari Bali menuju Pelabuhan Ketapang sudah  mengalami peningkatan. Peningkatan penumpang dan kendaraan sudah mulai terjadi   sejak Sabtu (10/12), kemarin malam.

”Mulai  Sabtu malam sudah meningkat yang menuju Ketapang. Sabtu pagi tambah ramai, dominasi sepeda motor dan mobil pribadi. Kalau kendaraan yang menuju Bali masih sepi,” kata Plh. Manajer Usaha ASDP Ketapang, Djumadi. Dia memprediksi kepadatan kendaraan  yang menuju Pulau Jawa tidak akan berlangsung lama saat libur Maulid Nabi berlangsung. Diprediksi, pagi hari ini kepadatan kendaraan akan berangsur berkurang.

”Prediksi kami kendaraan maupun penumpang akan kembali ramai baik dari Bali maupun sebaliknya saat jelang Natal dan Tahun Baru. Saat ini peningkatan jumlah kendaraan masih kecil, kira-kira hanya 7 persen  peningkatannya,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :