Tujuh Kapal LCT Stop Operasi

0
1362

tujuh-kapal-lct-stop-operasi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Sebanyak tujuh kapal jenis landing craft tank (LCT) ternyata sudah berhenti beroperasi di perlintasan Ketapang-Gilimanuk sejak  pukul 08.00, Jumat lalu (23/9). Kapal- kapal yang biasa mengangkut kendaraan para penumpang ini, harus  berhenti beroperasi lantaran pihak  pelabuhan menggelar simulasi pelayaran di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk tanpa menggunakan armada  kapal jenis LCT.

Simulasi ini terus berlanjut hingga hari ini (25/9), untuk menindaklanjuti Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Nomor:SK.885/AP.005/DRJD/2015  tanggal 19 Maret 2015. SK Dirjen Hubdat itu menyebutkan, bahwa larangan penggunaan kapal LCT  sebagai kapal angkutan penyeberangan.

Karena tidak ada kapal  LCT yang beroperasi, saat ini  hanya ada sembilan kapal motor penumpang (KMP) yang beroperasi di Pelabuhan Landing  Craft Machine (LCM) Ketapang.  Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas  III Ketapang, Ispriyanto, melalui petugas Kesyahbandaran Widodo  mengatakan, simulasi ini penting dilakukan untuk mengetahui  kondisi pelabuhan tanpa adanya  kapal jenis LCT beroperasi.

Sesuai  rencana, sejak tanggal 30 September 2016 mendatang, kapal  jenis LCT sudah tidak boleh lagi  beroperasi di lintasan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. ”Simulasi masih terus berlanjut  hingga saat ini. Alhamdulillah  tidak ada kemacetan seperti yang dulu. Tanggal 30 September 2016 nanti, sudah final bahwa LCT tidak boleh beroperasi,” tegas Widodo.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last