Tak Bisa Cair sebelum Lebaran

0
166

TPAPD Turun Oktober 2012


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Permohonan pencairan tunjangan penghasilan aparat pemerintah desa (TPAPD) triwulan III tampaknya sulit direalisasikan. Sebab, pencairan TPAPD triwulan III (Juli, Agustus, dan September) sebelum Lebaran berbenturan dengan peraturan yang berlaku. Asisten Pemerintahan Setkab, Abdullah mengatakan, Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Banyuwangi (Askab) mengajukan permohonan pencairan TPAPD triwulan III kepada Bupati Abdullah Azwar Anas pada 8 Agustus 2012 lalu. D

alam surat itu, Askab memohon agar TPAPD periode ketiga dicairkan sebelum Idul Fitri. Menurut Abdullah, pemkab sejatinya bisa memahami surat permohonan yang disampaikan Askab. Karena itu, setelah menerima surat yang ditekan Agus Tarmidzi dan Djoko Purnomo itu, Bupati Anas langsung memerintahkan tim anggaran melakukan kajian.

Setelah dilakukan kajian, kata Abdullah, keinginan Askab itu berben- turan dengan Perbup Nomor 37/2011 dan SK Bupati Nomor:188/418/KEP/ 429.011/2012. Dalam Perbup 37/2012 disebutkan, penyaluran dana tunjangan penghasilan aparat pemerintah desa dilakukan setiap triwulan. Dalam penyalurannya, kepala desa mengajukan permohonan pencairan kepada Bupati Banyuwangi melalui camat dan dilampiri nama daftar aparat desa yang berhak mendapat tunjangan.

Dalam SK Bupati Nomor: 188/ 418/ KEP/ 429.011/ 2012, bantuan keuangan berupa bantuan tunjangan aparat pemerintah desa penyalurannya dilakukan triwulan melalui rekening bendahara desa. Berdasar dua aturan itu, kata Abdullah, permohonan ASKAB untuk mencairkan TPAPD triwulan III sebelum Lebaran tidak dapat dikabulkan.

Bantuan TPAPD tidak bisa dicairkan karena pencairannya setiap tiga bulan. Saat ini TPAPD periode III, kata Abdullah, sedang berjalan. TPAPD triwulan ke III baru dapat dibayar pada awal Oktober 2012. “Pembayaran TPAPD Triwulan III setelah periode bulan IV berjalan,” tegasnya. Abdullah meminta Askab menerima dan menjelaskan kepada para kepala desa dan aparat desa lain .(radar)

Loading...