Terpasang 900 Titik Wi-Fi

0
243

BANYUWANGI – Rencana pemasangan seribu wireless fi delity (Wi-Fi) di Bumi Blambangan terus dimatangkan. Program seribu Wi-Fi itu merupakan kerja sama Pemkab Banyuwangi dengan PT Telkom Tbk. Rencananya, launching seribu Wi-Fi itu akan dilakukan Februari 2013 mendatang. Dari seribu titik yang direncanakan, sebagian besar sudah terpasang. “900 titik Wi-Fi sudah terpasang,” ungkap Plt Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Banyuwangi, Nur Agus Suharto.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sasaran pemasangan seribu Wi-Fi itu adalah kantor pemerintahan, mulai tingkat desa hingga kabupaten, area publik, dan pendidikan. Untuk kantor pemerintahan, semua kantor kecamatan, dan sebagian kantor desa. Untuk area publik, lanjut Agus, sasarannya adalah terminal, pelabuhan, dan sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) yang sudah selesai dibangun. Untuk lembaga pendidikan, prioritasnya adalah SMP, SMA dan SMK, serta sebagian sekolah dasar (SD). Selain sekolah, kata Agus, beberapa perguruan tinggi (PT) juga menjadi sasaran pemasangan seribu Wi-Fi. Jumlah Wi-Fi di masing-masing lokasi tergantung dengan tingkat kebutuhan. Seperti kampus PT dan RTH, ungkap Agus, pemasangan Wi-Fi lebih dari satu.

Loading...

Seperti di kampus Poliwangi, kampus yang sebentar lagi jadi negeri itu, dipasang sepuluh Wi-Fi. RTH Sritanjung, Taman Blambangan, Gor Tawang Alun, dan RTH Taman Makam Pahlawan dipasangi lebih dari satu. Selain areanya cukup luas, masyarakat yang berkunjung ke beberapa lokasi itu cukup banyak. Setelah di-launching, kata Agus, masyarakat bebas mengakses internet di sana. Internet itu bisa diakses semua kalangan dan semua umur. “Internet itu sudah dibersihkan dari situs-situs porno. Para pelajar bebas memanfaatkan fasilitas itu,” katanya. Dalam program seribu Wi-Fi itu, pemkab menyiapkan tempat dan jaringan listrik. Untuk jaringan Wi-Fi, seluruhnya disediakan pihak Telkom. “Tanggal launching belum kita putuskan. Februari mendatang insyallah sudah launching,” tambah Agus. (radar)