Tiga Orang “Suspect” Difteri, Dinkes Banyuwangi Jamin Persediaan Vaksin

0
1867
ILUSTRASI

BANYUWANGI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi menjamin merebaknya wabah difteri masih aman untuk wilayah Banyuwangi. Tercatat dalam setahun terakhir, hanya tiga orang yang terkena penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri tersebut.

Bahkan, penderita tersebut boleh dibilang masih dalam status suspect atau gejala mengarah serangan difteri. Ketiga pasien yang terindikasi terkena difteri tersebut sudah mendapat perawatan di rumah sakit dan puskesmas yang menemukan kasus tersebut.

”Dua temuan ada di wilayah Banyuwangi dan satu lagi di puskesmas wilayah selatan. Mereka sudah ditangani di rumah sakit dan puskesmas,” kata Waluyo, Kepala Bidang Pencegahan Dinkes  Banyuwangi kemarin.

Sejauh ini, Banyuwangi boleh dibilang aman dari ancaman difteri. Meski demikian, pihaknya meminta siapa pun, termasuk orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan. Bila ada tanda atau gejala penyakit tersebut harap segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Loading...

Difteri menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit masuk kategori menular dan berpotensi mengancam jiwa. Gejala yang biasa diketahui di antaranya penderitanya mengalami demam, nafsu makan menurun, hingga susah untuk menelan.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2