Songsong Lahirnya Anak TOKCer

0
137
BINGKISAN: Bupati Anas serahkan bantuan kepada para ibu di Puskesmas Sempu.

Puskesmas Sempu Gelar Jambore Bagi 243 Ibu Hamil

SEMPU-Kepala Puskesmas Sempu Hadi Kusairi, SKM, MMkes, terus men-dorong program berbasis masyarakat, dengan melibatkan pengusaha dan du-nia pendidikan kesehatan. Pihak yang dilibatkan Puskesmas Sempu cukup banyak. Di antaranya, BPR Mahkota, KSP Usaha Kerja Mandiri, KSP Gemar, FIF, Apotik Al Hanif Muncar, Susu SGM Bumil, Asri Medika, Prosenda Labora-torium, Windos Medika, Stikes Blam-bangan, Universitas Bhakti Indonesia (UBI), dan Askes Rustida, Krikilan, Kecamatan Glenmore.

Selasa (1/5) lalu, Puskesmas Sempu didukung berbagai pihak tersebut menggelar jambore ibu hamil. Acara tersebut diikuti 243 peserta dan 51 kader pos pelayanan terpadu (Posy-andu) se wilayah Puskesmas Sempu. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati H. Abdullah Azwar Anas, MSi, dan Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi H. Hari-adji Sugito, SKM, MM. Acara yang dipusatkan di halaman Puskesmas Sempu, itu juga dihad-iri para tokoh masyara-kat tingkat desa hingga kabupaten. “Dari sini terlihat dan diharapkan bahwa kesehatan adalah milik masyarakat dan untuk masyarakat,” kata Kepala UPTD Puskesmas Sempu Hadi Kusairi. 

Loading...

Hadi menuturkan, ke-giatan jambore tersebut sinergi dengan tujuan milenium development goal’s (MDG’s), yaitu menurunkan angka ke-matian ibu, bayi, dan anak. Kegiatan jambore itu meliputi pemer-iksaan haemoglobin, golongan darah, tensi, senam hamil, pemberian makan tam-bahan, serta pemberian materi gawat darurat kehamilan, dan persalinan oleh dr. Heru, SpOg dari RSUD Genteng. Ada juga program P4K sampai penyediaan donor darah bila nanti waktu persali-nan perlu operasi. “Seluruh ibu hamil yang hadir juga difasilitasi melahirkan secara gratis melalui program jamper-sal,” jelasnya.

Dari rangkaian jambore diharap-kan akan lahir anak tumbuh optimal berkualitas dan cerdas (TOKCer). Tentunya, disertai sosialisasi terus- menerus terhadap pentingnya masalah gizi dan mendorong semua keluarga sadar gizi (kadarzi). Jambore ibu hamil, kadarzi, dan anak TOKCer tersebut bisa sukses berkat kerja sama yang baik dari semua pihak. Di antaranya, Kepala Puskesmas Sempu, kepala desa, dan kader posyandu se wilayah Puskesmas Sempu. Tak ketinggalan, Muspika Sempu yang dipandu Camat Sempu Drs. Lukman Hakim S, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sempu. 

Saat ini, tim pelaksana Kadarzi anak TOKCer tingkat desa hingga kecamatan sudah terbentuk. “Ditambah lagi men-jadwal para kades untuk mendatangi posyandu di di wilayahnya masing-masing,” tandasnya. Camat Sempu juga selalu sinergi dengan Kepala UPTD TK/SD Siswanto, SPd, MPd, untuk mensosialisasikan Kadarzi anak TOKCer di seluruh seko-lah. Mulai PAUD, TK, dan SD. Saat acara Selasa (1/5) lalu, semua siswa yang lokasinya dilalui rombongan Bu-pati Anas berjajar di tepi jalan. Mereka mengibarkan bendera anak TOKCer.

Dalam kesempatan itu, Bupati Anas mengapresiasi program Puskesmas Sempu. Melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD nanti, bupati berjanji akan menambah fasilitas ru-angan klinik sanitasi, klinik gizi, pojok menyusui, klinik pelayanan kesehatan remaja, dan ruang dokter keluarga. Dalam acara tersebut juga di-launch-ing lagu “Kadarzi anak TOKCer” dan “Membangun Desa Lan Kuto” versi Puskesmas Sempu ciptaan Kepala Puskesmas Tembokrejo, Kecamatan Muncar H. Tusiana, SKM. Kepingan CD yang berisi rekaman lagunya diserahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Hariadji Sugito kepada bupati. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :