TNI Optimalkan Info Intelijen

  • Bagikan

BANYUWANGI – Mencegah gangguan keamanan yang mungkin terjadi saat arus mudik dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kodim 0825 melakukan pertukaran informasi intelijen. Terlebih, dalam hal pengamanan Lebaran, tim pengaman yang ada merupakan gabungan TNI Polri dan beberapa instansi terkait.

Dandim 0825, Letkol (Inf) Mangapul Hutajulu mengatakan, fungsi TNI pada pengamanan Lebaran adalah membantu tugas Polri. Sehingga, perlu dilakukan koordinasi yang lebih baik untuk mendeteksi potensi gangguan keamanan di  lapangan. ”Salah satunya adalah pertukaran informasi intelijen,” kata Mangapul.

Selama ini TNI AD melakukan antisipasi keamanan dengan menghimpun informasi sebanyak mungkin dari lapangan. Jika hasilnya dikoordinasikan dengan baik bersama intelijen polres dan kejaksaan, kata Hutajulu, maka akan membantu menciptakan situasi kondusif.

Dengan melakukan pencegahan di lapangan melalui pertukaran informasi tersebut, dirinya yakin jika ada situasi buruk mereka dapat menyelesaikan dengan cepat. “Selama ini kita bersama polres juga sering patroli bersama. Akan lebih mudah jika ada pertukaran informasi,” ujarnya.

Terkait jumlah personel, pihaknya telah menyiapkan anggota  sesuai kebutuhan tiap pos  pantau yang ada. Ditambahkan, ada satu SSK personel TNI di Kodim 0825 yang disiapkan jika suatu saat dibutuhkan. “Kita sediakan juga personel selain yang berjaga di pos. Sampai hari raya kita sudah sesuaikan personel yang sedia, dan ada juga yang kita beri izin cuti hari raya,” ujarnya. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: