Tujuh Kapal LCT Stop Operasi

0
1212

Pantauan wartawan Jawa Pos  Radar Banyuwangi di Pelabuhan  LCM Ketapang kemarin, tampak hanya ada kapal jenis KMP yang beroperasi. Diketahui ada sekitar  tujuh kapal jenis LCT yang harus  off, karena adanya simulasi ini. Beberapa LCT yang tidak beroperasi, ternyata memilih memarkir  kapal di pantai sebelah utara  Pelabuhan LCM Ketapang.

Ada juga beberapa LCT yang sandar di dermaga beaching yang ada di belakang Hotel Banyuwangi Beach. Sementara itu, tidak terjadi   kemacetan yang berarti meski  hanya ada sembilan KMP yang beroperasi. Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Wangi (KPT)  AKP Sudarmaji pun memastikan, kondisi lalu lintas di dalam pelabuhan maupun di luar pelabuhan   terlihat lancar.

Sampai dua hari kemarin, simulasi dilakukan masih belum ada kemacetan yang berarti. ”Tidak ada pengaruhnya, pelabuhan lancar jaya tidak ada macet,” terangnya. Seperti diketahui, aturan larangan kapal jenis LCT dilarang beroperasi di lintasan Ketapang–Gilimanuk ini sudah sering dilakukan. Sebelumnya, aturan ini sangat sulit diterapkan lantaran efek saat tidak ada kapal LCT yang berope rasi, ternyata berdampak kemacetan panjang tidak terelakkan.

Arus lalu lintas lumpuh total saat itu. Banyak pihak yang dirugikan  atas diterapkannya regulasi itu   karena terkesan dipaksakan saat itu. Ketika kapal jenis LCT dilarang beroperasi, ternyata saat itu jumlah armada KMP  sangat minim yang beroperasi di LCM Ketapang. Akhirnya, regulasi pun ditunda hingga beberapa kali. (radar)

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 | 2 |3 | Last