Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Tuntaskan Distribusi Kartu Jamkesmas

hospitalSRONO-Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) adalah kartu yang sangat bermanfaat bagi msyararakat, terutama masyarakat miskin. Dengan kartu tersebut masyarakat bisa berobat ke Puskesmas maupun Rumah Sakit (RS) secara gratis. Bukan hanya RS pemerintah, tetapi juga beberapa RS swasta pun mau melayani. Puskesmas Wonosobo menjadi salah satu tempat pelayanan yang melayani pemegang kartu tersebut.

Baik pelayanan umum maupun pelayanan gigi, dan juga merujuk ke RS bila perlu pelayanan lanjutan. Sementara itu, kartu Jamkesmas lama sudah habis masa berlakunya pada tahun 2012. Nah, mulai Januari 2013 ini diterbitkan lagi kartu baru. Pendistribusian kartu baru diharapkan selesai pada awal bulan Januari 2013, sehingga masyarakat bisa segera menggunakannya. Puskesmas Wonosobo menjadi salah satu puskesmas yang ditugasi mendistribusikan kartu baru tersebut. Sebanyak 8.713 kartu dibagi, yang meliputi Desa Wonosobo 2.249 kartu, Desa Rejoagung 3.236 kartu, dan desa Bagorejo 2.228 kartu.

“Saat ini, alhamdulillah kartu tersebut sudah terdistribusikan tuntas ke semua masyarakat yang berhak menerima di tiga desa tersebut,” kata Mujito, SKM, MMKes, Kepala UPTD Puskesmas Wonosobo, kemarin. Dijelaskan, dalam Daftar penerima kartu baru terdapat banyak perubahan. Ada yang dulu menerima kartu, ungkap dia, tetapi sekarang tidak menerima lagi. Ada pula yang dulu tidak menerima, tetapi sekarang malah menerima. “Bagi yang dulu menerima dan sekarang tidak terima, tidak perlu kawatir,” pesan Mujito. Kkalau memang benar-benar tidak mampu lanjut dia, masih ada lagi jaminan bagi mereka bila berobat.

Ada JPKMB (Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Banyuwangi). Ada juga Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah), bahkan masih bisa lewat SPM (Surat Pernyataan Miskin). Tidak hanya itu, karena masih ada Jamkesmin, produk Banyuwangi asli yang akan segera diterbitkan.. “Pemerintah Pusat dan terutama pemerintah daerah pasti akan memperhatikan warganya yang  kurang mampu untuk memenuhi kesehatannya,” pungkasnya.(radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE