Wakil Rakyat Boyongan ke Lombok

0
164

Kunker ke-15 dalam Tempo 6 Bulan


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Rangkaian kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Banyuwangi terus berlanjut. Kunker ke-15 dalam kurun waktu 6 bulan terakhir ini, seluruh wakil rakyat yang duduk di lembaga legislatif itu ramai-ramai mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tujuannya, mempelajari geliat pariwisata di sana. Informasi yang berhasil dikumpulkan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi menyebutkan, kunker itu juga diikuti para staf sekretariat DPRD Banyuwangi. Mereka bertolak dari Bumi Blambangan pada Minggu (24/6). Dijadwalkan, mereka tiba di Banyuwangi Kamis mendatang (28/6).

Namun sayang, tidak banyak ke terangan yang bisa digali dari kalangan pimpinan dewan. Dua kali panggilan telepon dilayangkan wartawan koran ini kepada Ketua DPRD Banyuwangi, Hermanto, tapi tidak ada jawaban. Saat dikoni rmasi melalui layanan pesan singkat (SMS), Hermanto mengatakan dirinya sedang rapat.

Nah, keterangan berhasil di gali dari anggota Komisi I DPRD, Suminto. Menurut Suminto, dalam kunker kali ini, seluruh anggota dewan di ba gi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah para anggota komisi I dan komisi III, dan kelompok kedua terdiri atas anggota komisi II dan komisi IV. Suminto menjelaskan, salah satu wilayah tujuan kunker adalah Lombok.

Loading...

Sebab, seluruh wilayah Lombok memiliki geliat pariwisata yang luar biasa. Padahal, potensi yang dimiliki wilayah tersebut sangat mirip yang dimiliki Banyuwangi. “Dilihat dari segi geografis, Lombok dan Banyuwangi juga sama-sama dekat Bali,” ujarnya kemarin (25/6). Menurut Suminto, yang membedakan Lombok dan Banyuwangi adalah pengelolaan pariwisata.

“Ini yang akan kita gali. Kunker kali ini mudah-mudahan bermanfaat bagi pengelolaan pa riwisata Banyuwangi. Saya lihat, pemerintah, masyarakat, dan para pelaku wisata, sangat serius mengenai hal ini,” paparnya. Suminto menambahkan, tujuan lain kunker tersebut ada lah mengunjungi Lombok Utara, yaitu menggali informasi tentang proses pemekaran wilayah.

“Anggota komisi I dan III mengunjungi Lombok Utara dan Mataram, sedangkan komisi II dan IV ke Lombok Te ngah dan Lombok Barat,” pung kasnya. Diberitakan Rabu pekan lalu (20/6), anggota DPRD Ba nyuwangi beramai-ramai me laksanakan kunjungan kerja (kunker) ke ibu kota.

Wak tu itu, separo anggota dewan “boyongan” ke Jakarta untuk melakukan konsultasi terkait rancangan peraturan daerah (raperda) laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD. Dari catatan Jawa Pos Radar Banyuwangi, kunker DPRD Banyuwangi waktu itu setidaknya me rupakan kunker yang ke- 14 dalam kurun waktu enam bulan terakhir.

Khusus di tahun 2012 ini, diperkirakan masih ada lagi agenda kunker yang akan dilakukan wakil rakyat. Informasi yang berhasil dikumpulkan wartawan koran ini menyebutkan, waktu itu sebanyak 25 anggota DPRD Banyuwangi yang tergabung dalam Badan Anggaran (Bang gar) bertolak ke Jakarta sejak Senin malam (18/6).

Agendanya adalah melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Ke menkeu) RI. “Anggota Banggar berada di Jakarta selama dua hari, yakni hari Selasa (19/6) dan Rabu (20/6),” ujar sumber tepercaya koran ini Selasa (19/6). (radar)

Loading...