Warning Pejabat Eselon IV

0
485

Diminta Kreatif Berikan Pelayanan Publik

LICIN – Wakil Bupati (Wabup) Yusuf Widyatmoko mengingatkan pejabat eselon IV yang sudah selesai mengikuti Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) IV, untuk lebih terampil memberikan layanan kepada masyarakat. Alumni Diklatpim IV harus memiliki inovasi dan ide-ide kreatif dalam memberikan layanan publik. Warning Wabup Yusuf itu disampaikan pada saat menutup kegiatan Diklatpim IV angkatan 501 di Gedung Diklat pegawai negeri sipil (PNS) Desa Tamansari, Kecamatan Licin, kemarin (13/14).

Wabup Yusuf mengatakan, Diklatpim IV diselenggarakan bukan sekadar memenuhi persyaratan administratif atau formalitas belaka. Lebih dari itu, kegiatan Diklatpim ini diharapkan membawa dampak riil bagi kinerja pejabat pemerintah melalui penambahan wawasan, pengetahuan, dan pembentukan sikap mental profesional. Karena itu, pejabat eselon IV yang menjadi peserta Diklat pim menjadikan ajang tersebut sebagai salah satu tahap untuk mengembangkan kualitas aparatur untuk mewujudkan pemenuhan kompetensi jabatan struktural.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi, Sih Wahyudi mengatakan, pelaksanaan Diklatpim IV saat ini hanya 40 hari. Pada tahun 2014 mendatang, Diklatpim IV akan diperpanjang menjadi 97 hari atau berlangsung selama tiga bulan. “Diklatpim IV merupakan angkatan terakhir pada 2013 ini terbilang singkat, hanya 40 hari,” katanya.

Walau demikian, Sih Wahyudi berharap, ilmu yang didapat bisa diaplikasikan secara maksimal untuk meningkatkan kinerja aparatur pemerintah daerah. Selama berlangsungnya Diklatpim IV semua peserta mendapatkan banyak materi yang bermanfaat dalam meningkatkan kinerja mereka sebagai aparatur pemerintah Beberapa narasumber di ha dirkan untuk menggugah mo tivasi para pejabat eselon IV tersebut.

Mulai motivator dari emotional spiritual quo tient (ESQ) Leadership Cen tre, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Dit jen Bangda) Kemendagri, Bap penas, Widya Iswara dari Badan Diklat Provinsi Jawa Timur. Dari 40 peserta diklat, se lu ruhnya dinyatakan lulus dan lima orang peserta di te tapkan sebagai peserta ter baik. Lima peserta terbaik itu ada l ah Gunawan Adi Prasetyo (Pus kesmas Badean), Sutikno (Dis pendik), Edy Widiantoro (Dinas Ke lautan dan Perikanan), Mu jito (Puskesmas Wonosobo), dan Bambang Sudiarto (Pus kes mas Songgon). (radar)

Baca :
Gerakan Berantas Rentenir, Bupati Ipuk: Biar Pelaku Usaha Kecil Tidur Nyenyak