Waspadai Makelar di Kementerian

0
264
A. Azwar Anas

BANYUWANGI- Bupati Abdullah
Azwar Anas memberi kebebasan kepada pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk melakukan koordinasi vertikal. Tujuannya, dinas/kantor bisa menjemput bola program pemerintah pusat untuk dilaksanakan di daerah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bupati Anas mengatakan, dirinya pernah melakukan road show di sejumlah kementerian di Jakarta. Ternyata, banyak sekali program pemerintah pusat yang tidak terserap karena tidak ada pengajuan dari pemerintah daerah.

Untuk mendapatkan sejumlah program itu, daerah harus mencari informasi sebanyak mungkin tentang berbagai program itu. Karena itu, pimpinan SKPD harus rajin melakukan koordinasi secara vertikal. Untuk mendapatkan program itu, lanjut Anas, SKPD tidak harus bertemu dengan Menteri dan Dirjen.

Tapi saya ingatkan, hati-hati jangan sampai bertemu dengan calo atau makelar,” katanya. Menurut Anas, koordinasi vertikal itu penting karena Banyuwangi memiliki banyak pekerjaan yang belum bisa diselesaikan karena keterbatasan dana APBD.

Untuk menyelesaikan masalah itu, SKPD harus pandai berinovasi mencari program dan anggaran pada pemerintah pusat. Untuk menghemat anggaran selama di Jakarta, pimpinan SKPD tidak perlu bermalam di hotel. “Di rumah saya di Jakarta, ada banyak kamar yang bisa dimanfaatkan. Gunakan saja untuk kepentingan rakyat,” katanya.(radar)

Loading...