Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Waspadai Pengiriman Imigran Gelap

SERTIJAB: Danlantamal V menyerahkan tongkat komando pada Letkol Laut (P) Edi Eka Susanto.
SERTIJAB: Danlantamal V menyerahkan tongkat komando padaLetkol Laut (P) Edi Eka Susanto.
SERTIJAB: Danlantamal V menyerahkan tongkat komando pada Letkol Laut (P) Edi Eka Susanto.

Pesan Danlantamal V kepada Danlanal Baru

BANYUWANGI – Letkol Laut (P) M. Nazif yang baru setahun menjabat Komandan Pangkalan TNI AL  Danlanal) Banyuwangi diganti oleh Letkol Laut (P) Edi Eka Susanto. Serah terima jabatan (sertijab) dilaksanakan melalui upacara militer di Markas Lanal Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, kemarin (20/12).

Upacara pergantian pucuk pimpinan Lanal Banyuwangi itu dipimpin oleh Danlantamal V Surabaya Laksamana Pertama (Laksma) Sumadi S.Sos. Hadir dalam acara ini Kapolres Banyuwangi AKBP Nanang Masbudi, Dandim 0825 Letkol Muslimin Fasyah, Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, dan wakil ketua DPRD Joni Subagio. Letkol Laut (P) Edi Eka Susanto  yang menjadi Danlanal Banyuwangi ini sebelumnya bertugas di Mabes TNI AL, sedang Letkol Laut (P) M Nazif selanjutnya mendapat job baru di Komando Pengembangan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal) di Surabaya.

Ini untuk penyegaran pimpinan,” cetus Laksma Sumadi. Kepada sejumlah wartawan, Sumadi membantah pergantian  Danlanal Banyuwangi ini dianggap mendadak. Apalagi dikaitkan dengan terbakarnya kapal perang KRI Klewang beberapa waktu lalu. “Sertijab danlanal ini tidak ada hubungannya dengan KRI Klewang,” katanya. Menurut Sumadi, M. Nazif dianggap cukup berhasil dalam memimpin Lanal Banyuwangi. Setahun menjadi danlanal, banyak prestasi yang telah ditorehkan.

Bisa menjadi danlanal selama setahun, ini bukti keberhasilan yang besar dalam tugasnya,” dalihnya. Dalam lingkungan TNI AL, jelas dia, penyegaran itu biasanya dilakukan setiap enam bulan sekali. Bila prestasinya dianggap kurang bagus, maka dua bulan atau kurang dari enam bulan akan diganti. “Ini Pak Nazif menjadi danlanal sampai setahun. Berarti prestasinya bagus,” ungkapnya.

Ditemui usai sertijab, Sumadi menyebut secara geografis, Lanal Banyuwangi ini memiliki karakteristik khusus. Sehingga perlu mendapat perhatian secara khusus dari segi sarana dan prasarana. “Lanal Banyuwangi memiliki peran yang penting,” sebutnya. Daerah yang memiliki laut selatan, menjadi perbatasan dengan Bali, dan wilayahnya sangat luas, semuanya itu dianggap karakteristik khusus yang dianggap penting. “Kami berharap Danlanal Banyuwangi yang baru ini bisa meningkatan keamanan wilayahnya,” pintanya.

Kepada danlanal yang baru, Danlantamal V Surabaya juga berharap untuk mewaspadai pengiriman imigran gelap. Karena tidak menutup kemungkinan, pengiriman akan melewati wilayah Lanal Banyuwangi. “Anggota TNI AL sampai saat ini tidak ada yang terlibat dalam pengiriman imigran gelap, bila ada akan ditindak tegas,” ancamnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE