Lelang Empat Pimpinan SKPD Banyuwangi Sepi Peminat

0
135

BANYUWANGI – Seleksi atau lelang empat pimpinan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Banyuwangi, sepi peminat. Sejak dibuka 6 November, hingga kemarin (13/11) belum satu pun pegawai negeri sipil (PNS) yang mendaftar mengikuti seleksi pejabat eselon II tersebut.

Berdasar penelusuran wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, sejumlah PNS di lingkup Pemkab Banyuwangi sudah banyak memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditetapkan panitia seleksi. Termasuk empat PNS yang kini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) kepala SKPD yang akan diisi oleh pejabat definitif melalui proses penjaringan.

Empat SKPD tersebut antara lain Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Diskop-UMKM). Selain itu, seleksi terbuka dilakukan untuk menjaring PNS yang akan ditempatkan sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Loading...

Kepala BKD Sih Wahyudi mengatakan, hingga kemarin belum ada PNS yang mendaftarkan diri sebagai calon kepala SKPD. ”Sampai tadi pagi (kemarin) belum ada yang mendaftar. Namun waktu pendaftaran masih cukup lama, yakni sampai 19 November mendatang,” ujarnya.

Ditanya apakah PNS yang kini menjabat Plt Kepala Bapenda, Diskop-UMKM, Disbudpar, atau Satpol PP memiliki peluang terpilih menjadi pejabat definitif di masing-masing satuan kerja yang kini dipimpin, Sih Wahyudi menjawab diplomatis.

Dikatakan, berdasar ketentuan pendaftaran, seluruh pejabat eselon III/a bisa mendaftar. Termasuk para PNS yang kini menjabat Plt kepala SKPD tersebut. ”Sepanjang memenuhi persyaratan administrasi, semua PNS berhak mendaftar,” ujarnya.

Seperti diketahui, posisi Plt Kepala Bapenda kini ditempati Nafiul Huda. Sedangkan Plt Kepala Diskop-UMKM dijabat Alief Rachman Kartiono. Selain itu, Plt Kepala Disbudpar dan Satpol PP masing-masing dijabat M. Yanuarto Bramuda dan Edy Supriono.

Sementara itu, para PNS yang kini menjabat Plt kepala SKPD enggan mengungkapkan apakah akan mendaftar pada seleksi terbuka empat pimpinan instansi di lingkungan Pemkab Banyuwangi.

Plt Kepala Bapenda Nafiul Huda, mengaku sampai kemarin dirinya belum memutuskan apakah akan mendaftar ataukah tidak. ”Ada-ada saja pertanyaan sampean. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya ya. Sekarang saya belum bisa berkomentar,” ujarnya sembari tertawa.

Hal senada dilontarkan Plt Kepala Diskop UMKM Alief Rachman Kartiono. Menurut dia, dirinya belum mengambil keputusan untuk mendaftar ataukah tidak hingga kemarin. ”Karena saya sendiri tidak bisa menilai pantas atau tidak (menjadi kepala SKPD definitif). Yang bisa menilai kan orang lain. Jadi, apakah saya akan mendaftar atau tidak, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya ya,” pungkasnya. (radar)

loading...