Libur Panjang, Parkiran Paltuding Full Kendaraan

0
205

LICIN – Libur panjang akhir pekan yang masih berlangsung sampai hari ini banyak dimanfaatkan warga untuk berlibur ke tempat wisata. Gunung ljen masih menjadi primadona bagi pengunjung untuk menikmati masa liburnya.

Jika akhir pekan lalu pengunjung hanya mencapai 1.170 orang, untuk long weekend akhir pekan ini jumlah pengunjung mencapai 2.300 orang. Data 2.300 orang tersebut diprediksi akan terus bertambah, mengingat data itu diambil dari kunjungan sejak hari jumat (21/4) hingga Mingu (23/4) pukul 09.00.

“Pengunjung masih saja terus berdatangan lepas jam 9 pagi ini (kemarin). Hari Senin besok (hari ini) kan masih tanggal merah. Jadi kemungkinan jumlahnya terus akan bertambah,” kata Sigit Haribowo, Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) 18 Kawah Ijen.

Loading...

Untuk jumlah kunjungan yang membeludak, menurut Sigit, masih didominasi oleh turis lokal Indonesia. Namun, untuk pengunjung tidak hanya wisatawan dari Banyuwangi, Jember, Situbondo dan Bondowoso saja. Melainkan dari kota-kota besar seperti Surabaya, Denpasar, Malang dan kota-kota besar lainnya.

“Dilihat dari pelat kendaraan yang parkir di Paltuding memang banyak dari luar kota,” jelas Sigit. Pengunjung yang datang ada yang berkelompok ada pula yang datang secara pribadi. Tidak hanya mengunakan mobil carteran, pengunjung yang datang juga banyak yang menggunakan mobil pribadi hingga kendaraan roda dua.

”Pos Paltuding full sampai meluber ke jalan raya,” tandas alumnus Fakultas Hukum Universitas 17 Agutus 1945 Banyuwangi ini.  Sementara itu, untuk kondisi kawah Ijen sejauh ini bisa dibilang relatif sudah berangsur normal.

Meski begitu, pihak BBKSDA Jawa Timur wilayah Banyuwangi masih terus melakukan pembatasan jam kunjungan ke atas kawah yang sejatinya dibuka pukul 24.00, namun saat ini masih dibatasi dibuka sejak pukul 03.00-12.00.

“Jam kunjungan masih dibatasi karena masih cenderung ada hujan meski tidak sederas kemarin- kemarin. Ini demi keselamatan saja,” pungkasnya (radar)

loading...