Selangkah Lagi, BP2 Penerbang Banyuwangi Jadi Akademi Penerbang Indonesia

0
216

BLIMBINGSARI – Balai Pendidikan dan Pelatihan (BP2) Penerbang Banyuwangi terus menunjukkan perkembangan pesat. Selangkah lagi, BP2 Penerbang Banyuwangi akan berubah menjadi Akademi Penerbang Indonesia (API).

Awal berdiri pada tahun 2013 lalu, lembaga ini masih menyandang nama Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B). Dua tahun kemudian, tepatnya 2015, LP3B berubah status menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (BP3B).

Sekarang, sekolah pilot negeri di Banyuwangi ini direncanakan akan naik kasta menjadi akademi pada tahun 2018 mendatang. Dengan begitu, satu lagi program studi yang bisa menjadi pilihan di API nantinya yakni Operasi Pesawat Udara (OPU).

Rapat persiapan pengalihan kelembagaan BP2 Penerbang Banyuwangi menjadi Akademi Penerbang Indonesia di Blimbingsari, Banyuwangi

Kepala BP2 Penerbang Banyuwangi Afen Sena mengatakan, nantinya API akan memiliki dua progam studi (prodi) yakni prodi Penerbang Sayap Tetap (PST) dan prodi OPU. Prodi OPU ini akan mempelajari tentang aircraft load, weight, and balance. Karena lulusan dari OPU di dunia penerbangan akan memiliki tugas mempersiapkan keberangkatan suatu penerbangan, memantau penerbangan. Termasuk sebagai pusat informasi terkait penerbangan tersebut.

Pembahasan pendirian dan perubahan kelembagaan unit kerja di bawah pusat pengembangan sumber daya manusia (SDM) perhubungan udara menjadi akademi ini terus dikebut.

Kemarin (29/11) bertempat di ruang rapat BP2 Penerbang Banyuwangi, dilaksanakan rapat persiapan dokumen statuta organisasi dan borang akreditasi telah dilakukan assesment oleh PPSDM Perhub Udara. Dan hal tersebut sudah siap diteruskan secepatnya kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Loading...


Kata kunci yang digunakan :