14 Penggadai Datangi Lahan Sengketa

0
525

GLENMORE – Konl ik perebutan lahan antara Samini dan kawan-kawan (dkk) melawan Kepala Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Widi Purnomo, semakin memanas. Kemarin siang (22/3), pukul 11.30, sebanyak 14 orang yang mengaku sebagai penggadai lahan seluas 2 hektare (Ha) tersebut dikabarkan datang ke lokasi sawah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Mereka memastikan informasi tentang penguasaan sawah oleh Samini dkk. Namun, ketika tiba di sawah,  mereka dihadang Samini dkk. Termasuk kelompok lembaga swadaya masyarakat (LSM) pimpinan Jamil, yang selama ini mendampingi para petani. Begitu bertemu 14 orang tersebut, Jamil meminta mere ka tidak melakukan aksi penguasaan lahan. Sebab, versi Jamil dkk, berdasar putusan peninjauan kembali (PK) dari Mahkamah Agung (MA), tanah tersebut dikembalikan kepada Samini dkk.

Loading...

Tak ingin perdebatan di areal sawah semakin memanas, Jamil mengajak 14 orang tersebut datang beramai-ramai ke Kantor Desa Tulungrejo. Mereka menemui Kepala Desa (Kades) Widi Purnomo. “Ketika kami temui, ternyata Pak Widi mengaku tidak memiliki selembar surat pun yang menyebutkan bahwa sawah tersebut untuk Desa Tulungrejo,” beber Jamil kepada RaBa, kemarin siang.

Karena tidak bisa menunjukkan bukti surat kepada Jamil dan 14 orang penggadai lahan, akhirnya massa membubarkan diri. “Orang-orang akhirnya ya
bubar, karena Pak Widi nggak bisa menunjukkan selembar surat pun,” tutur Jamil. Sayangnya, kemarin sore, Widi belum berhasil dikonfirmasi terkait kejadian tersebut.

Beberapa kali RaBa mencoba menghubungi nomor handphone (HP)-nya, namun tidak aktif. Hanya saja, pagi hari sekitar pukul 08.30, wartawan koran ini sempat menghubungi Widi. Kades itu mengaku belum melakukan aksi massa untuk merebut sawah sekitar 2 Ha tersebut.  “Belum, sekarang saya belum mengerahkan massa. Kalau sudah ada pengerahan massa, nanti saya kabari,” jawabnya, kemarin pagi. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2