Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Ajari Pemuda Servis HP

ajariSONGGON – Penggunaan hand phone (HP) kian hari terus meningkat. Bahkan, pertumbuhan telepon seluler lebih cepat daripada komputer. Tentu hal itu bisa membuka peluang kerja bagi para pemuda di Banyuwangi. Seperti yang terjadi di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Sudikaryo, Desa/Kecamatan Songgon, kemarin. Puluhan pemuda belajar servis HP yang digagas Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Kepala Dispora Banyuwangi, Khoirullah mengungkapkan, kegiatan itu dalam rangka meningkatkan life skill (keterampilan hidup) para pemuda. ‘’Jika sudah terampil, mereka bisa membuka peluang usaha sendiri dan mengurangi angka pengangguran di Banyuwangi,” ujarnya. Menurut dia, tidak sedikit para pemuda yang kesulitan mencari pekerjaan. Salah satu alasannya, mereka tidak memiliki keterampilan yang cukup. ‘’Jadi, pelatihan servis HP ini sangat bermanfaat,’’ paparnya kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi.

Rencananya, pelatihan itu akan digelar selama tiga hari. Para peserta diberi wawasan mengenai software dan hardware ponsel. Selanjutnya, selama dua hari mereka akan praktik. ‘’Kami harap para pemuda memanfaatkan kesempatan yang baik itu,” pintanya. Selain diajari cara servis HP, para peserta juga mendapatkan bonus alat-alat.

‘’Nanti setelah kegiatan selesai, dibentuk kelompok-kelompok untuk mengembangkan usaha servis itu,” imbuh ketua PKBM Sudikaryo, Ilham. Salah satu peserta, Holil, mengaku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang baik itu. Sebab, pelatihan itu bisa menyebabkan dirinya terampil. ‘’Saya akan ikuti pelatihan ini sampai selesai,” ujar pria yang hanya lulusan SMP itu. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE