Ajari Siswa Cintai Buku dan Membaca

0
251

ajariBANYUWANGI – Salah satu sekolah di perbatasan utara Kecamatan Banyuwangi, SDN 5 Lateng, kembali melaksanakan kegiatan berkualitas dalam mengisi libur khusus berkaitan dengan diselenggarakannya ujian sekolah/madrasah SD/MI. Sejumlah siswa SDN 5 Lateng mengunjungi Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Senin (19/5) lalu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kunjungan yang diikuti peserta didik kelas 3, 4, 5 ini sebagai aplikasi pembelajaran di luar kelas sekaligus memperingati hari buku. Tujuannya adalah untuk mengenalkan keberadaan perpustakaan yang ada di Banyuwangi, memotivasi peserta didik untuk cinta buku, serta membiasakan diri untuk gemar membaca. Mengingat yang terjadi saat ini, kebiasaan membaca tergeser oleh keberadaan Mbah Google yang secara instan memberikan jawaban dari permasalahan yang sedang dihadapi. 

Di SDN 5 Lateng yang jumlah eserta didiknya dari kelas 1- 6 kurang dari 100 ini, peserta didiknya telah diarahkan untuk mengunjungi perpustakaan sekolah dan membaca buku di perpustakaan tersebut secara terjadwal. Namun, seringkali mereka mengeluh bosan karena koleksi buku yang terbatas dan sudah usang. Sampai saat ini, belum ada penambahan koleksi buku perpustakaan ke sekolah ini.Atas dasar inilah, segenap pendidik SDN 5 Lateng mengajak peserta didik berkunjung ke perpustakaan milik pemkab.

Tujuannya untuk menikmati membaca buku yang lebih bagus dan di tempat yang nyaman. Yang tentunya semua itu tidak ditemukan di perpustakaan sekolah. Perlu diketahui, ruang perpustakaan di sekolah ini masih darurat, yaitu memanfaatkan ruang kelas yang tidak terpakai. Semoga dengan kegiatan ini, siswa SDN 5 Lateng bertambah semangatnya untuk membaca buku.  Mengingat, lokasi perpustakaan yang jaraknya jauh dari tempat tinggal peserta didik SDN 5 Lateng, dan keinginan mereka untuk mendapatkan bahan bacaan baru. 

Alangkah gembiranya mereka bila ada pihak yang bersedia membantu pengadaan buku bacaan di perpustakaan sekolah ini. Jika Pemkab Banyuwangi mencanangkan sedekah oksigen, maka saatnya kita canangkan Sedekah Buku. Dengan sedekah buku, diharapkan peserta didik di sekolah yang keadaannya serba terbatas, seperti SDN 5 Lateng, akan semakin dekat dengan buku dan menambah gairah membaca untuk menuju masyarakat yang cerdas, selaras dengan program Pemkab Banyuwangi saat ini. (radar)

Loading...