Amankan Lapas, Turunkan Tim K9

0
376

Untuk Mendeteksi Bawaan Pengunjung

BANYUWANGI – Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II/B Banyuwangi meningkatkan pengamanan selama liburan Lebaran. Peningkatan pengamanan ini dilakukan karena meningkatnya kunjungan warga yang menemui warga binaan.

Peningkatan pengamanan itu tidak hanya dilakukan petugas Lapas sendiri, namun melibatkan aparat keamanan dari Polres Banyuwangi. Selain menerjunkan sejumlah personel, Polres juga juga menurunkan tim Satwa (K9) untuk membantu pengamanan di pintu masuk Lapas.

Anjing yang sudah terlatih itu diharapkan bisa menjadi tembok awal masuknya barang 7 terlarang ke dalam Lapas seperti narkoba, bahan peledak, hingga bahan berbahaya lainnya. Sedikit kehebohan muncul saat anjing jenis herder ini diterjunkan membantu pengamanan di Lapas Banyuwangi.

Loading...

Sejumlah pengunjung tampak sedikit ketakutan saat hewan ini beruha mendekat. Bahkan suara gonggongan yang dikeluarkan membuat beberapa pengunjung berusaha lari. Namun hal itu bisa diredam petugas tim K9 yang dipimpin Iptu Gusti Wiguna mampu membuat anjing ini tetap terkendali.

Dibantu petugas Lapas, polisi meminta pengunjung tetap tenang meski ada anjing yang bersiap- siap mengendus dan mengawasi barang bawaan yang dibawa masuk ke Lapas. “Anjing ini sudah terlatih untuk mengendus barang berbahaya seperti narkoba dan lainnya,” ujar Wiguna.

Kepala Pengamanan Lapas (KPLP) Banyuwangi Eko Ari Wibowo menuturkan, penyertaan anjing pelacak dalam pengamanan jam besuk bebas ini merupakan upaya preventif. Diharapkan dengan keberadaan hewan terlatih tersebut bisa meminimalisir potensi dan kerawanan masuknya benda berbahaya seperti narkoba ke dalam lapas.

“Kami koordinasi langsung dengan polres dan bisa sinergi dalam pemberian layanan kami untuk jam besuk bebas saat ini,” beber pria asli Bondowoso tersebut. Pelaksanaan jam bebas ini sendiri akan dilaksanakan selama mulai tujuh hari teehittmg mulal 1 Syawal.

Pembesuk sudah bisa menengok kerabatnya di Lapas mulai pukul 08.00 hingga 15.00. ”Untuk pelaksanaannya akan kami atur dalam dua tahap. Untuk jam besuk pagi akan dimulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00.

Periode besukan ini akan diberlakukan bagi penghuni lapas yang masuk dalam kategori pelaku kriminal umum. Sedangkan pukul 13.00 hingga 15.00 akan diberlakukan bagi pembesuk untuk kategori tahanan khusus seperti narkotika,” katanya.

Lapas Banyuwangi saat ini dihuni 837 warga binaan. Setiap harinya lebih kurang 1000 orang mengunjungi Lapas untuk memanfaatkan jam busuk bebas yang diberlakukan khusus untuk lebaran. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :