Anas: Pastikan Hewan Kurban Sehat

  • Bagikan

Sebelum-berangkat-menunaikan-ibadah-haji-ketanah-suci-Makkah-pekan-lalu,-Bupati-Anas-menyerahkan-hewan-kurban-secara-simbolis-kepada-Ketua

BANYUWANGI – Sebelum berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci Makkah pekan lalu, Bupati Abdullah Azwar Anas menginstruksikan Dinas Peternakan (Disnak) mengintensifkan kegiatan penyuluhan penyembelihan hewan kurban  kepada masyarakat.

Bukan  hanya tata cara penyembelihan, penyuluhan tersebut perlu dilakukan untuk memastikan  tidak ada hewan hewan yang cacat untuk kepentingan kurban.  Bupati Anas mengatakan,  kondisi hewan kurban harus  benar-benar sehat. Sebab jika  hewan yang dijadikan kurban tidak sehat, maka berpotensi menimbulkan dampak yang  kurang baik bagi orang yang  mengonsumsi.

“Disnak akan melakukan penyuluhan dan penjelasan. Termasuk memastikan hanya hewan yang sehat yang disembelih,” ujarnya. Anas mengaku tahun ini Pemkab Banyuwangi akan mendistribusikan daging kurban ke hampir seluruh kecamatan di Bumi Blambangan.

“Mudah-mudahan daging kurban tersebut  sampai kepada masyarakat yang membutuhkan,” harapnya. Salah satu hewan kurban yang disalurkan Pemkab Banyuwangi digadang-gadang merupakan sapi terbesar yang ada di kabupaten berjuluk the Sunrise  of Java ini.

Sapi jenis Limosin tersebut akan disalurkan kepada mereka yang berhak melalui  Yayasan Masjid Agung Baitur- rahman (MAB) Banyuwangi. “Kami mencari sapi paling besar sejak dua bulan terakhir. Ketemu sapi Limosin,” kata Anas. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: