Ancam Copot Oknum Polisi Beking Judi

0
328
AKBP Nanang Masbudi

KALIPURO – Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) masih menempati peringkat pertama kasus kriminal di Banyuwangi. Tidak tanggungtanggung, curanmor terdeteksi rata-rata 21 sampai 25 peristiwa setiap bulan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hal tersebut diungkap Kapolres Banyuwangi AKBP Nanang Masbudi saat presentasi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Antisipasi Gangguan Keamanan, Ketertiban, dan Ketenteraman, serta Stabilitas Daerah di lapangan Pertamina, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, kemarin (24/9).

Menurut Kapolres Nanang, tiga kecamatan paling rawan curanmor adalah Banyuwangi, Muncar, dan Genteng. Tiga pilar keamanan dan ketertiban daerah, yakni Babinkabtibmas dari unsur Polisi, Babinsa dari unsur TNI, dan Pemerintah Desa, harus bersinergi melakukan langkah-langkah pencegahan.

Kapolres Nanang menambahkan, mayoritas kasus curanmor terjadi di tempat parkir umum dan keramaian. “Saat melancarkan aksi (mencuri sepeda motor), pelaku hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Jadi, jangan sampai lengah,” ujarnya.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah curanmor adalah melengkapi sepeda motor dengan kunci dan saklar tambahan.

Kalau perlu, imbuh kapolres, warga merantai kendaraannya sebelum diparkir di tempat umum. “Jangankan masyarakat umum, polisi saja ada yang kehilangan sepeda motor Sudah lima anggota saya yang kehilangan sepeda motor,” aku kapolres.

Sementara itu, kasus kriminal yang menempati peringkat kedua dan ketiga di wilayah Banyuwangi adalah perjudian dan pencurian dengan pemberatan (curat). Daerah rawan curat adalah Kecamatan Giri, Banyuwangi, Kabat, Rogojampi, Genteng, dan Muncar.

Persebaran kasus perjudian cenderung merata di seantero Bumi Blambangan. Nanang menegaskan, pihaknya tidak segan memecat anggotanya yang terlibat perjudian. “Jika ada anggota yang membekingi judi, akan saya copot. Langsung saya upacarakan,” pungkasnya. (Radar)

Loading...